Lensa Macet, Begini Cara Service Kamera Pocket

Dengan desain yag mungil dan praktis, kamera digital memang dikenal mudah mengalami kerusakan pada bagian lensa. Kamera digital, khususnya kamera pocket alias kamera saku, dengan penggunaan yang secara sembarangan memiliki resiko mengalami kerusakan pada bagian lensa. Bagian terpenting dari unit kamera ini biasanya mengalami kemacetan seperti tidak bisa keluar ataupun masuk. Kotoran dan debu menjadi penyebab umum kerusakan pada lensa ini. dengan sedikit ketelatenan, Anda bisa mencoba untuk service kamera ini sendiri.

Lensa Macet, Begini Cara Service Kamera Pocket

Sebelum mulai memperbaiki, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab lensa kamera Anda macet. Selain kotoran dan debu, terjatuh yang menyebabkan lensa berubah bentuk dan posisi, lensa tertekan dan lensa lembab bisa saja menjadi penyebab macetnya lensa kamera Anda. Apabila kerusakan masih tergolong ringan, memang Anda boleh mencoba sendiri dengan berhati-hati. Jika memang kerusakan tergolong parah, maka sebaiknya bawa kamera Anda ke tempat service kamera terdekat untuk penanganan yang seharusnya.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki lensa kamera digital yang macet:

  1. Cabut Baterai

Biasanya yang terlintas pertama kali ketika masalah muncul adalah memulai ulang kamera sehingga shut down terpicu. Ketika sistem bersiap melakukan penonaktifan, maka secara otomatis sistem akan menarik lensa. Inilah yang berpeluang memperparah kerusakan lensa yang macet. Maka dari itu, Anda bisa mencabut baterai secara langsung ketika lensa kamera Anda macet untuk menghindari adanya bagian yang rusak ataupun rontok hingga patah.

Setelah itu, cabut juga memory card demi mengamankan gambar-gambar dan file yang ada.

  1. Goyangkan Lensa

Jangan pernah memaksa lensa kamera apapun yang terjadi untuk menghindari kerusakan lensa semakin parah. Diamkan saja dulu beberapa saat kemudian coba goyang-goyangkan supaya kotoran ataupun debu yang menyangkut bisa keluar. Kemudian coba pasang lagi baterai lalu nyalakan kamera digital Anda. Jika lensa tersebut masih saja macet. Artinya kotoran itu masih menyangkut atau lensa memang rusak cukup berat.

  1. Bersihkan Lensa

Jika belum ada perubahan, cabut baterai kembali dan coba gunakan semprotan khusus untuk membersihkan celah lensa. Lakukan secara perlahan dan merata supaya kotoran dapat keluar. Bila masih belum menunjukkan perubahan, lanjutkan langkah percobaan service kamera berikutnya dengan usaha yang lebih ekstrem

  1. Tekan Lensa ke Dalam

Jika berbagai usaha di atas masih belum juga berhasil, maka lanjutkan dengan langkah yang agak berbahaya berikut. Pada tahap ini, Anda sudah layak untuk mempertimbangka membawa kamera Anda ke lokasi service kamera, sebab jika kondisi ini dibiarkan lebih lama, kerusakan lensa ini dapat merembet ke bagian yang lain. Pada tahapan ini, letakkan kamera secara menengadah pada permukaan tempat yang empuk. Nyalakan kamera  lalu tekan lensa lurus ke arah dalam secara perlahan dan hati-hati menggunakan jempol. Tekan tepat pada bagian tengah-tengah lensa.

Baca juga Tips Perawatan Kamera Aksi

Satu hal yang perlu diingat adalah jangan nekad, ketahui tingkat kerusakan dan perhitungkan resiko. Memaksakan perbaikan kamera sendiri secara asal-asalan bermodal nekad justru berpeluang semakin memperparah kerusakan yag otomatis menambah ongkos perbaikan di tempat service kamera nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *