Lensa Kamera Canon yang Wajib Diketahui Para Pemula

Dunia fotografi semakin lama semakini novatif. Dengan segala perkembangan teknologi yang ada, bidang yang satu ini juga seolah tak mau ketinggalan. Ada beragam brand kamera yang saat ini sangat kompetitif dalam menghadirkan produk unggulan mereka. Selain kamera, tentunya kehadiran lensa menjadi hal patut anda pertimbangkan demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, bagi anda para pemula di bidang fotografi, ada jenis-jenis lensa yang wajib anda ketahui.

Anda tentu mengenal beberapa jenis kamera yang beredar di pasaran saat ini, mulai dari kamera prosumer, DSLR, hingga mirrorless yang kini tengah menjadi primadona di kalangan pecinta fotografi.

Kehadiran mirrorless kini semakin menggeser kejayaan DSLR, desainnya yang lebih apik dan praktis dengan bobot yang lebih ringan diyakini sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat popularitas mirrorless ini.

Meskipun begitu, bagi anda yang masih setia dengan DSLR atau para pemula yang lebih tertarik menggunakan kamera tipe ini, ada beberapa brand yang bisa anda pilih, seperti Canon atau Nikon. Kedua brand tersebut merupakan brand raksasa dunia di bidang fotografi.

Untuk para pemula, ada baiknya anda juga menginvestasikan hobi fotografi anda untuk lensa. Ya, lensa menjadi salah satu komponen penting yang tidak bisa diabaikan. Nah, ada macam-macam lensa yang sebaiknya anda cermati sebagai seorang pemula, yaitu lensa kit, lensa tele, lensa makro, lensa fixed, lensa wide-angle, dan lensa fisheye.

Masing-masing lensa tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing. Anda harus bisa menentukan objek apa yang ingin anda foto dan lensa apa yang harus anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, passion juga bisa menentukan lensa-lensa yang anda butuhkan. Berikut macam-macam lensa kamera Canon yang wajib diketahui para pemula.

Lensa Kit

Lensa yang satu ini biasanya menjadi starter kit pada beberapa penawaran kamera. Lensa kit merupakan lensa standar yang memiliki focal length 18-55 mm. Bagi para pemula tentu lensa ini merupakan lensa yang tepat sebagai langkah awal prose pembelajaran anda. Bentuknya yang tidak terlalu besar dengan bobot yang juga terbilang ringan, membuat lensa yang satu ini bisa anda pakai dengan lebih nyaman.

Lensa Tele

Jika anda menaruh perhatian lebih pada sport photography atau wildlife photography, tentu anda wajib memiliki lensa tele yang bisa mendapatkan foto dengan kualitas yang baik meskipun objek berada dalam jarak yang jauh dari anda. Dengan begitu, anda akan tetap aman dan bisa mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang baik. Ada beberapa jenis lensa tele yang bisa anda cermati. Untuk lensa tele dari Canon anda bisa mencoba Canon EF 70-200mm f/2.8L IS II USM.

Lensa Fixed

Lain lensa tele, lain pula lensajenis fixed ini. Bagi anda yang suka dengan objek yang lebih fokus dengan tampilan background yang blur, anda tentu akan suka belajar dengan jenis lensa yang satu ini. Anda bisa pilih lensa fixed Canon EF 85mm f/1.2L II USM.

Lensa Fish eye

Lensa Fisheye membuat tampilan foto anda tampak lebih cembung. Bagi para pemula, lensa fish eye mungkin tidak akan terlalu sering dipakai, kecuali bagi anda yang memang memiliki ketertarikan khusus dengan tampilan foto yang dihasilkan dari jenis lensa yang satu ini. Lensa fisheye dari Canon yang bisaAndapilih, yaituCanon EF 8-15mm f/4L Fisheye USM Lens.

Lensa Wide-Angle

Bagi anda para fotografer pemula yang hobi traveling, lensa yang ini tentu salah satu lensa yang wajib anda ketahui. Tampilan gambar yang sangat luas mampu membuat anda mendapatkan komposisi gambar yang anda inginkan dalam satu frame. Salah satu lensa wide-angle Canon yang bisa anda andalkan adalah Canon EF-S 24mm f/2.8 STM.

Lensa Makro

Anda bisa belajar mendapatkan hasil foto yang detail dan fokus dengan lensa makro. Ya, lensa ini memang memungkinkan anda mendapatkan foto close up objek yang anda targetkan. Lensa kamera Canon untuk tipe makro bisa anda coba dengan Canon EF 100mm f/2.8 USM Macro For Full Frame.

Sumber gambar: images.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *