Lensa Canon Memiliki Istilah yang Banyak, Ketahuilah Arti-artinya Berikut Ini!

Lensa memang menjadi komponen yang paling penting untuk sebuah kamera agar benda tersebut dapat digunakan untuk mengambil gambar dan memberikan kualitas gambar yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Sekarang ini, ada begitu banyak jenis lensa dan juga mereknya, salah satunya adalah lensa yang saat ini juga menjadi kegemaran masyarakat Indonesia yang aktif dalam bidang fotografi. Namun, karena memiliki banyak jenis lensa, maka mereka biasanya menamainya dengan singkatan pada awal namanya. Pernahkah Anda berpikir apa arti dari singkatan-singkatan tersebut? Berikut ini adalah beberapa istilah pada nama lensa Canon tersebut:

Lensa Canon Memiliki Istilah yang Banyak, Ketahuilah Arti-artinya Berikut Ini!

  • EF-S

Istilah pertama yang bisa Anda temukan pada lensa merek Canon ini adalah EF-S. Singkatan tersebut memiliki 2 kepanjangan, yaitu EF yang merupakan kepanjangan dari Electrofocus dan S merupakan menandakan Short Back. Jadi, lensa ini memiliki sensor tersendiri untuk mengatur autofokusnya dan juga memiliki short back dikarenakan memiliki ujung yang lebih masuk ke arah mounting pada kamera. Lensa jenis ini biasanya didesain dan dirancang dengan khusus agar kamera ciptaan mereka untuk yang tidak memiliki full-frame dan juga yang tidak bisa dipasangkan pada kamera full-frame tersebut.

  • L

Istilah kedua yang sering kita temui ketika sedang memilih lensa Canon mana yang akan dibeli adalah L yang memiliki kepanjangan sebagai Luxury. Sesuai dengan namanya, jenis lensa ini memiliki rancangan yang jauh lebih berkualitas dan juga memiliki harga yang cukup menguras kantong Anda. Lensa ini lebih banyak digunakan oleh para profesional dan juga yang serius dalam menekuni hobi ini. Jenis ini memiliki kelebihan tahan akan cuaca dan juga lebih tangguh dari jenis lainnya. Lensa ini juga dapat dipasangkan pada kamera yang memiliki atau tidak memiliki full frame.

  • IS

Nama selanjutnya yang sering kita temui ketika sedang mencari lensa yang tepat untuk kamera Anda adalah IS. Lensa yang memiliki kepanjangan Image Stabilization ini memiliki teknologi yang lebih canggih dibanding jenis lainnya. Lensa ini dapat membuat lebih sedikit blur dengan menggerakkan lensa dengan tangan. Hal ini dapat berguna bagi Anda, terutama untuk digunakan pada tempat yang renda akan pencahayaan. Selain itu, lensa ini juga sangat berguna untuk mengambil gambar ketika sedang memakai lensa tele.

Baca Juga Ini Dia Beragam Pilihan Lensa Canon Terbaik Lengkap dengan Spesifikasinya

  • USM

Jenis nama lensa Canon yang harus Anda ketahui kepanjangannya adalah Ultra Sonic Motor. Semua lensa merek Canon ini sebenarnya memiliki motor pada bagian dalamnya. Tetapi, jika ditambah dengan USM ini, maka lensa tersebut memiliki kelebihan pada kemampuan dalam segi autofocus yang cenderung lebih cepat. Selain itu, suara jepretan lensa ini juga tidak terlalu berisik dan juga dapat membuat batre semakin irit ketika dipakai. Anda juga bisa mengubah autofocus menjadi manual dengan memutar ringnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *