Kiat Memilih dan Membeli Lensa Kamera

Kamera merupakan alat elektronik yang keberadaannya sangat penting. Setiap momen penting dalam hidup akan lebih terkenang lama jika diabadikan dengan kamera. Apalagi seiring dengan semakin berkembangnya teknologi internet yang ruang berbagai untuk menampung berbagai hal, kamera dan foto dapat menunjukkan eksistensi seseorang. Fotografi kini menjadi salah satu hobi yang jamak digemari oleh masyarakat. Dalam proses pengambilan gambar agar gambar yang dihasilkan bisa maksimal sesuai dengan yang diinginkan, fotografer sering menggunakan alat bantu. Salah satu bagian yang menentukan kualitas sebuah kamera adalah lensanya. Terdapat banyak sekali jenis lensa kamera yang diproduksi untuk menunjang kinerja sebuah kamera, yang memiliki fungsi dan kemampuannya masing-masing. Lensa umumnya dapat dibongkar pasang sehingga satu kamera bisa dipasangkan dengan banyak lensa. Berikut ini adalah beberapa kiat memilih dan membeli lensa.

Mempertimbangkan Kegunaan

Setiap jenis dan ukuran lensa memiliki keunggulannya masing-masing berdasarkan kegunaannya. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli sebuah lensa, sebaiknya fotografer menentukan passionnya terlebih dahulu, atau setidaknya mempertimbangkan kegunaan yang paling intens. Misalnya, jika selama ini kamera lebih banyak digunakan untuk menangkap lanskap atau pemandangan alam, maka lensa yang cocok adalah lensa lebar seperti ultra wide. Atau jika kamera akan digunakan untuk menangkap objek manusia dan lebih banyak digunakan untuk menangkap objek jarak dekat seperti foto model, maka lensa 85 mm atau 135 mm sudah cukup bagus untuk menunjang kinerja kamera anda. Namun jika kamera digunakan secara random atau tidak spesifik dan cenderung digunakan dalam berbagai momen, maka pilihlah lensa makro yang murah dengan resolusi yang tinggi.

Baca juga: 10 Harga Lensa Kamera Nikon Terkini

Menentukan Budget

Selain mempertimbangkan fungsi atau kegunaannya, budjet juga perlu dipertimbangkan. Banyak sekali kejadian fotografer yang akhirnya menyesal karena membeli lensa yang terlalu mahal namun tidak dapat dimaksimalkan dengan baik. Lensa kamera, terutama yang memiliki kemampuan sangat baik, umumnya berharga mahal. Jangan langsung pergi ke toko kamera sebelum menentukan budjet. Banyak-banyaklah membaca review tentang harga lensa kamera dan pilihlah lensa yang sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan.

Mencari Informasi Spesifikasi Kamera yang Dibutuhkan

Tidak semua lensa cocok disandingkan dengan semua jenis kamera. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli sebuah lensa karena tergiur dengan kemampuannya, carilah informasi mengenai jenis lensa apa saja yang sesuai denagn kamera yang Anda miliki dan sesuai dengan fungsi dan tujuan yang Anda inginkan. Carilah informasi mengenai spesifikasi kamera seperti variable dasarnya, focal lenggthnya, crop faktornya, fitur-fitur yang tersedia, dan berbagai spesifikasi lainnya. Pilihlah lensa dengan spesifikasi yang paling cocok dan sesuai.

Itulah beberapa tips mendasar dalam memilih lensa kamera. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang jarak tangkap atau seberapa jauh jarak antara subjek yang akan diabadikan dengan lensa tersebut. Dan pastikan bahwa Anda memang benar-benar butuh terhadap lensa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *