Kiat-kiat Service Kamera Digital yang Macet

Kamera digital merupakan kamera mungil yang sangat praktis untuk digunakan. Perawatannya pun tidak seribet perawatan kamera SLR. Namun bukan berarti jarang terjadi masalah pada kamera digital ini.  Terlebih penggunaan kamera yang sembarangan akan memicu kerusakan yang lebih cepat. Terutama pada bagian lensa kamera. Bagian ini rawan terjadi kerusakan. Lalu bagaimana cara service kamera digital sendiri?

Kiat-kiat Service Kamera Digital yang Macet

Ada beberapa penyebab lensa kamera yang tidak mau masuk, salah satunya adalah karena debu yang menempel yang menyebabkan lensa tertahan untuk masuk. Hal ini bisa kita atasi sendiri dengan membersihkan bagian ini secara berkala. Namun bila penyebab rusaknya lensa karena terjatuh keras, sebaiknya bawalah ke tempat service kamera agar kamera Anda penanganan yang sesuai. Jangan memaksakan diri untuk memperbaikinya sendiri karena bisa membuat kamera menjadi lebih parah. Berikut langkah memperbaiki lensa pada kamera digital, antara lain:

  1. Cabut baterai ketika kamera menyala. Jika selip lensa ini Anda atasi dengan mematikan kamera lewat tombol, akan berakibat lecetnya kamera. Untuk menghindari hal ini lebih baik copot baterai ketika kamera masih menyala, sehingga lensa tidak akan tertarik ke dalam. Tidak lupa lepaskan memory card untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti memory terformat, dan lain-lain.
  2. Goyangkan lensa kamera. Anda bisa coba menggoyangkan kamera untuk membuat lensa masuk ketimbang memaksanya masuk yang malah akan berakibat parahnya kerusakan. Menggoyangkan kamera ini juga bisa merontokkan debu yang mungkin menempel pada lensa. Sebelum menggoyangkan kamera, terlebih dahulu copot baterai.
  3. Bersihkan lensa dari debu. Debu menjadi salah satu faktor yang membuat lensa kamera macet. Bersihkan lensa secara berkala. Anda dapat menggunakan semprotan bertekanan untuk membersihkan sela-selanya. Lakukan secara perlahan agar kotoran bisa keluar dari sela lensa. Jika belum berhasil, coba baca pada buku panduan kamera cara memberikan lensa yang benar.
  4. Tekan bagian lensa ke bagian bawah. Langkah ini harus Anda lakukan dengan hati-hati, karena jika tekanan terlalu keras takutnya malah akan membuatnya rusak/patah. Risiko terburuk mungkin saja terjadi, maka jika Anda tidak yakin sebainya jangan dilakukan. Kamu bisa menggunakan cara lain, yakni menggeser-geser lensa dengan tangan. Kemudian coba nyalakan kembali.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Dari beberapa cara di atas, jika masalah belum terselesaikan, sebaiknya bawalah ke tempat service kamera agar kamera Anda ditangani oleh ahlinya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah ini adalah dengan meletakkan kamera pada tempat yang datar, selain itu pastikan dialasi dengan benda empuk yang dapat meredam dari benturan benda keras. Jika langkah preventif ini Anda lakukan, kerusakan lensa akan sangat bisa dihindari. Perawatan akan kebersihan juga jadi hal yang penting untuk diperhatikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *