Kerusakan Umum Pada Kamera Gopro yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa waktu yang lalu kemunculan dari berbagai model kamera action memang menjadi daya tarik sendiri oleh banyak masyarakat. Salah satunya adalah jenis kamera gopro yang tiba-tiba melambung tinggi permintaannya yang diiringi kepopuleran. Mempunyai bentuk yang kecil tetapi kamera tersebut mempunyai kelebihan yang banyak. Dari mulai mudahnya mengambil gambar dalam kondisi bergerak tetapi tetap jelas, pengambilan gambar dalam air, pengambilan video dan lain sebagainya. Sebagai pecinta travelling pasti akan merasa lengkap dengan kehadiran jenis kamera tersebut, ditambah lagi dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Meskipun termasuk dalam kamera action yang identik dengan kondisi yang lebih tahan akan cuaca ataupun lainnya tetapi tetap saja bisa mengalami kerusakan. Tanpa sadar orang sering menggunakannya secara sembarangan sehingga ada beberapa bagian yang rusak dan menyebabkan kamera tidak bisa hidup kembali. Padahal untuk memperbaiki sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika sudah melewati waktu garansi pembelian. Nah, berikut ini ada beberapa kerusakan umum yang terjadi pada sebuah kamera action yaitu:

  • Baterai kamera melendung atau rusak.

Yang pertama adalah masalah baterai, dalam sebuah kamera daya yang didapatkan untuk menghidupkan yaitu dari baterai. Jika baterai mengalami masalah pasti akan mengalami kendala saat akan digunakan. Masalah yang sering terjadi dalah baterai kamera gopro yang sering mengalami kerusakan seperti mengembang. Hal ini terjadi dikarenakan beberapa hal salah satunya adalah penggunaan USB charger yang sembarangan.

  • Kecepatan transfer rendah.

Seperti yang diketahui bahwa memory card yang ada dipasaran mempunyai kualitas yang berbeda-beda, hal itu akan berpengaruh juga pada saat Anda akan mentransfer data. Pastikan Anda memilih kartu memory yang sesuai dengan kamera Anda. Satu merk kamera tidak bisa digunakan dalam berbagai ukuran memory.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Memiliki Kamera Gopro yang Bisa Anda Rasakan

  • Kamera mudah panas saat digunakan.

Walaupun sebenarnya pada gopro sudah tersedia pengaturan secara otomatis yaitu mematikan semua perangkat jika mengalami suhu panas meningkat. Akan tetapi lebih baik Anda hindari terjadinya masalah tersebut, panas yang berlebih bisa disebabkan oleh penggunaan kabel USB yang sembarangan.

  • Sulit menyala.

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan sulitnya kamera dihidupkan kembali setelah lama tidak digunakan. Hal itu bisa dialami oleh berbagai jenis gopro, untuk penyebabnya sendiri sangat beragam. Bisa jadi karena tempat penyimpanan yang tidak tepat ataupun lainnya.

Nah, beberapa kasus diatas sangat sering dialami oleh pemilik kamera action gopro. Pada dasarnya masalah atau kerusakan pada suatu barang itu bisa saja diminimalisir dengan penggunaan dan cara perawatan yang lebih tepat. Selain itu perhatikan juga tempat penyimpanan kamera gopro Anda jangan taruh pada tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung supaya tidak mudah rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *