Kenali Seberapa Parah Kerusakan Sebelum Service Kamera Sendiri

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kamera rusak. Tak jarang kerusakan ringan masih bisa diperbaiki sendiri. Namun pada tingkat kerusakan tertentu membutuhkan penanganan dari ahli service kamera untuk perbaikan yang semestinya. Dalam hal ini mengenali penyebab kerusakan menjadi hal yang sangat penting sebelum memperbaikinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dicoba sebelum mencoba memperbaiki kamera Anda.

Kenali Seberapa Parah Kerusakan Sebelum Service Kamera Sendiri

  1. Identifikasi Kerusakan

Tahap paling awal adalah kenali permasalahan kamera penyebab kerusakan. Coba ingat-ingat lagi penggunaan kamera sebelumnya dan apakah mengalami jatuh atau bahkan tidak ada gejala apapun sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam service kamera dan mengetahui penanganan macam apa yang diperlukan agar tidak memperparah keadaan.

  1. Kerusakan Pada Komponen Kamera

Kerusakan pada komponen biasanya terindikasi saat body kamera menjadi panas setelah baterai terpasang. Hal ini menunjukkan adanya konslet dan dianjurkansegera lepas baterai untuk mencegah komponen maupun ada IC yang terbakar. Memperbaikinya Anda bisa mencoba buka body kamera lalu memeriksa komponen menggunakan avometer serta mencari jalur dan kabel kamera yang mengalami konslet. Seblum melakukan tindakan lebih jauh, pastikan Anda memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang elektro. Jika tidak pasrahkan saja pada service kamera yang berpengalaman.

  1. Kerusakan Ringan

Jika body kamera tidak panas saat baterai terpasang, maka kemungkinan konslet bisa Anda kesampingkan dahulu. Namun karena identifikasi kerusakan yang masih belum pasti, maka Anda pun harus meraba-raba lagi apa yang menjadi penyebab kerusakan pada kamera. Kemungkinan kerusakan masih tergolong ringan dan masih bisa Anda perbaiki sendiri dengan cara berikut ini;

  • Periksa bagian baterai, apakah fisiknya masih terlihat baik atau tidak. Anda bisa menggunakan kamera lain ataupun avometer untuk memeriksa status kesehata baterai kamera.
  • Sebelum menyalakan kamera, pastikan bagian konektor baterai ke kamera bersih supaya arus tidak terhambat yang mungkin menjadi penyebab kerusakan.
  • Jika baterai tidak ada masalah, periksa memory card yang terpasang masih normal ataukah ada error. Hal ini karena memory card yang bermasalah membuat kamera tidak merespon bahkan tidak mau menyala. Coba hidupkan kamera tanpa memasang memori card . Anda juga bisa coba menggunakan memory card lain. Jika memang ada masalah dengan kartu memori tersebut, Anda bisa mencoba untuk memformat ulang dengan catatan Anda sudah membackup isinya.
  • Jika kamera bisa berjalan normal dengan kartu memori yang telah diformat tersebut, coba juga untuk mereset kamera Anda.
  1. Penyebab lain kamera yang rusak hardware adalah lantaran kecerobohan pengguna dalam perawatan, misalnya tidak melepas baterai dari kamera saat tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Apabila menggunakan berbagai cara di atas masih belum menyembuhkan kamera Anda, bisa jadi masalah yag dialami cukup fatal dan membutuhkan penangan ahli. Meskipun tempat service kamera pada umumnya memiliki pengalaman yang lebih baik dalam memperbaiki kamera, menjelaskan awal penyebab kerusakan menjadi hal yang penting untuk memudahkan kerja mereka. Selain mempercepat waktu perbaikan untuk diagnosa, hal ini juga berguna untuk memberikan penanganan service kamera yang lebih tepat.

Simak juga Trik Perawatan Kamera Terbaik Bisa Anda Lakukan dengan Menerapkan Kiat Berikut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *