Kelebihan Kamera Analog dan Beberapa Pilihannya

Kamera analog merupakan kamera yang mengambil dengan bentuk media film dan tidak memiliki sensor untuk sebuah gambar digital. Kamera ini akan memberi hasil gambar dala m bentuk film bukan dalam bentuk digital. Kamera ini termasuk kamera SLR dan biasanya digunakan untuk mengambil gambar secara profesional karena menawarkan lensa yang dapat mengeliminasi kesalahan dalam gambar dan memberikan kostum yang akurat. Jenis film yang digunakan tergantung dengan ukuran, jenis dan juga kecepatannya. Umumnya menggunakan ukuran film 35mm dan cocok digunakan untuk kamera yang besar. Hasil gambar ini dapat membuat penggunanya menggunakan mode hitam putih yang berbeda dan hasil fotografi potret.

 Kelebihan Kamera Analog dan Beberapa Pilihannya

Berikut adalah kelebihan dari kamera bukan digital ini diantaranya:

 

  • Kamera ini tidak mengenal batasan dalam tingkat resolusi yang digunakan dan memberikan warna-warna yang lebih kuat. Hasilnya dapat dicetak dengan ukuran kertas apapun dan tidak akan mudah pecah dengan hasil gambar yang sempurna.
  • Kamera ini tidak menggunakan baterai sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar dalam waktu kapan saja dan tentunya tidak membutuhkan waktu untuk di charge dan tidak perlu diganti.
  • Kamera ini juga tidak perlu dikhawatirkan rusak karena memiliki komponen yang kuat dan lebih awet terhadap pemakaian dan tidak perlu khawatir mudah rusak jika mengalami benturan ataupun kemasukan air.
  • Hasil gambar tergolong vivid yaitu gambar dengan hasil yang sesuai dengan kondisi objek yang sesungguhnya. Sehingga hasil gambar lebih mencolok dan tersusun atas warna yang hidup dan nyata.

 

Beberapa kelebihan kamera analog diatas tentunya memberikan kemudahan kepada fotografer sebagai penggunanya. Kamera ini memiliki LCD yang memungkinkan pengguna dapat mengatur komposisi pengaturan sebelum mengambil objek gambar. Memiliki optical zoom yang handal sehingga akan memberikan pixel yang jernih. Kamera ini juga memiliki model seperti kamera digital lainnya namun fiturnya dalam pengambilan yang berbeda.

Baca Juga : Alasan Masih Banyaknya Fotografer Profesional yang Tetap Menggunakan Kamera Analog  

Berikut adalah beberapa kamera non digital diantaranya:

 

  • Nikon FM2 buatan tahun 1982, memiliki pengaturan manual dengan kecepatan dan ISO film dan fokus manual.
  • Canon Canonet QL17 diproduksi tahun 1960-1980an dan termasuk golongan cult camera dan memiliki ketajaman lensa dengan speed 1/15.
  • Yashica FX Super 2000 dengan kecepatan 1/2000 detik dan light meter untuk menentukan intensitas cahaya yang masuk ke objek.
  • Olympus Mjuii memiliki shutter speed auto dan memiliki ISO 400 dan hasil gambar yang bagus untuk fotografi jalanan.

 

Beberapa kamera analog diatas masih digunakan saat ini. Walaupun sekarang serba digital tetapi fotografer juga tetap mengoleksinya sebagai kamera terbaik. Memang kamera ini memiliki kesulitan tersendiri dan memberikan kesan elegan dengan model dan desain kamera lama dan terlihat antik. Setiap momen yang ditangkap oleh kamera ini akan menjadi sebuah hasil yang tidak pernah dilupakan dan tidak hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *