Kelebihan dan Harga Lensa Kamera Kit

Ada beragam jenis kamera yang beredar di pasaran, salah satunya adalah lensa kit. Apa itu lensa kit? Lensa ini merupakan jenis lensa yang dijual satu paket dengan kamera. Lensa ini memang memiliki tampilan yang kurang oke dengan material yang terlihat ringkih. Akann tetapi, lensa kit merupakan pilihan yang sempurna bagi pemula yang ingin belajar fotografi yang biasanya mencari harga lensa kamera yang terjangkau. Lensa kit ini sebenarnya memiliki banyak keunggulan yang tak bisa dipandang sebelah mata, yaitu sebagai berikut:

  1. Panjang Focal Klasik dalam 1 Lensa

Meski penampilannya biasa-biasa saja, akan tetapi lensa ini mempunyai 4 panjang focal klasik yang artinya satu lensa kit bisa digunakan untuk menggantikan empat lensa prime sekaligus. Empat panjang focal klasik tersebut adalah: Wide angle (28 mm), medium wide (35 mm), normal (50 mm), dan portrait (85 mm).

Lensa kit memang tidak menawarkan bukaan yang dahsyat, yang mana paling besar hanya ada di angka f/3.5, akan tetapi fungsi dasar empat lensa sudah bisa dimiliki hanya dari satu lensa kit saja.

  1. Kecil dan Ringan

Lensa kit mayoritas berukuran kecil dan ringan, untuk lensa kit Canon memiliki bobot 200 gram saja, sedangkan untuk lensa kit Nikon bobotnya hanya 195 gram saja. Lensa kit ini tentunya akan sangat membantu ketika digunakan untuk travelling karena ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan sangatlah menguntungkan dalam perjalanan.

  1. Filter Lebih Murah

Lensa kit yang ukurannya kecil tentunya hanya membutuhkan filter berukuran lebih kecil pula. Dibandingkan membeli filter terpisah, maka harga filter pada lensa kamera kit tentunya lebih murah.

  1. Murah Namun Tidak Jelek

Harga lensa kamera kit memang murah namun belum tentun jelek. Harga yang murah ini dikarenakan produksi yang besar sehingga harganya pun bisa lebih ditekan dan lebih terjangkau.

  1. Focusing Distance yang Berkualitas

Meski kemampuannya tidak bisa dibandingkan dengan lensa makro, akan tetapi lensa kit mempunyai MFD yang lebih bagus dibandingkan lensa yang memiliki harga lebih mahal, apalagi focusing distance atau kemampuan untuk memotret objek dalam jarak dekat tak kalah berkualitas.

  1. Lebih Hemat

Lensa kit apabila dibeli bersama dengan kamera akan menghasilkan harga yang lebih murah, misalnya apabila membeli kamera Nikon D3200 serta lensa kit 18-55mm, maka harga totalnya Rp 5 jutaan. Padahal harga kameranya saja Rp 4,5 jutaan, maka lensa kit hanya seharga Rp 500 ribu. Namun, jika membeli secara terpisah, harga lensanya bisa mencapai Rp 1,7 jutaan.

Dari melihat harga lensa kamera kit serta kelebihan lainnya, tentunya bisa disimpulkan bahwa membeli lensa kit bersama dengan kamera akan lebih murah dibandingkan membeli lensa kamera secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *