Kegunaan Kamera CCTV di Wilayah Kerja Bagi Perusahaan

Dengan adanya kamera pengawas (CCTV) yang dipasang di kantor, perusahaan atau di tempat kerja memang nyata-nyata bermanfaat. Manfaat utama dari kamera CCTV di wilayah kerja digunakan sebagai pengawas hal-hal yang luput dari penglihatan manusia. Hal-hal tersebut dapat membantu atasan maupun petugas security dalam mengawasi wilayah kerja terutama di area-area yang sulit dijangkau atau luas. Di bawah ini ada beberapa kegunaan instalasi CCTV di wilayah kerja bagi perusahaan, antara lain:

Baca juga: Daftar Harga CCTV Samsung Terkini 2017

  • Memantau kegiatan.

Di wilayah kerja yang banyak terdapat orang di dalamnya seperti pusat perbelanjaan atau mall, supermarket, ruangan kantor maupun pabrik yang berisi banyak sekali pegawai, atau bahkan di area kerja yang jumlah orangnya sedikit pun CCTV dapat memantau kegiatan yang ada dalam lingkup kerja tersebut. Karena keterbatasan mata manusia dalam memandang secara luas dan keseluruhan, maka sebagai gantinya, CCTV dipasang untuk mengawasi dan merekam semua kegiatan maupun peristiwa yang terjadi di wilayah tersebut.

  • Mengawasi kinerja para pegawai.

Selain dapat digunakan untuk memantau aktivitas manusia yang hilir mudik dan silih berganti, CCTV juga akan berpengaruh terhadap kegiatan pekerja. Bisa dipastikan jika ada CCTV maka kinerja para pekerja juga akan meningkat mengingat ada yang ‘mengawasi’ pekerjaan dan kegiatan mereka selama di kantor. Dengan adanya CCTV, para pegawai diklaim dapat bekerja dengan lebih fokus karena ada yang mengawasi. Para pegawai atau pekerja pun tidak bisa santai-santai atau keluar masuk area kerja tanpa seizin atasan atau tanpa keperluan yang tidak dibenarkan.

  • Mencegah tindak kriminilitas.

Biasanya pelaku kriminal seperti pencuri atau perampok akan mengamati terlebih dahulu lokasi yang menjadi sasaran tindak kriminal mereka. Dengan adanya kamera CCTV yang memiliki monitor-monitor yang ditempatkan di ruangan security maka petugas security dapat mengawasi gerak-gerik mencurigakan yang dilakukan oleh si pelaku kemudian bisa segera menangkap dan menginterogasinya. Sehingga hal ini sama saja dengan mencegah terjadinya kehilangan aset perusahaan. Selain itu, toko atau supermarket yang dipasangi CCTV dan diberi papan pengumuman bahwa toko atau supermarket tersebut telah diawasi dengan CCTV, maka para pencuri maupun pengutil barang akan mengurungkan niatnya mencuri atau mengutil disitu.

  • Menjadi bukti apabila ada tindak kejahatan.

Dengan rekaman hasil pantauan kamera CCTV maka bisa dijadikan sarana untuk membuktikan adanya tindakan kejahatan atau tidak. Hasil dari rekaman CCTV dapat dijadikan acuan terkait apa yang dilakukan oleh orang lain. Antara dapat membuktikan ia bersalah atau bahkan tidak bersalah. Hasil rekaman dari CCTV tersebut juga dapat menjadi bukti untuk menguatkan dakwaan serta membantu penyelidikan aparat kepolisian yang berwenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *