Kebiasaan Ini dapat Membuat Lensa Pecah Tanpa Anda Sadari

Sekarang ini, bukan hanya yang memiliki hobi fotografi saja yang memiliki kamera, namun beberapa anak muda Indonesia yang hanya sekedar ingin mendapatkan foto dengan hasil berkualitas juga pastinya memiliki kamera. Kebanyakan dari mereka pastinya membeli kamera dengan tujuan agar mereka bisa mendapatkan foto diri yang baik, atau hanya sekedar digunakan untuk mengabadikan momen tertentu yang berharga untuk mereka, ditambah yang ingin pergi liburan pastinya memerlukan kamera untuk menciptakan kenang-kenangan semasa liburan tersebut. Sering kali, kamera yang dipilih sudah bermacam-macam, dan tidak jarang dari mereka memilih jenis DSLR mau pun mirrorless. Kedua kamera tersebut memang terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik, terutama jika Anda membeli lensa tambahan. Namun, jika Anda tidak merawatnya dengan baik, maka bisa saja membuat lensa pecah. Terutama, sering kali anak muda sekarang melakukan berbagai kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak lensa tersebut, seperti:

 Kebiasaan Ini dapat Membuat Lensa Pecah Tanpa Anda Sadari

  • Memegang Tidak Mantap

Hal pertama yang paling sering membuat lensa kamera bermasalah atau pun pecah adalah karena kamera tersebut tidak dipegang dengan benar atau dengan mantap. Setiap kamera sebenarnya bisa dipasangkan tali untuk membuatnya lebih aman ketika digunakan, namun sering kali anak muda sekarang tidak menggunakannya meski sudah terpasang pada kamera tersebut. Alhasil jika mereka tidak memegangnya dengan benar, maka kamera tersebut dapat jatuh dan membuat lensanya bermasalah. 

  • Menaruh Sembarangan

Kebiasaan buruk lainnya yang juga dapat membuat lensa pecah jika kerap dilakukan terus menerus adalah jika kamera sering diletakkan di sembarang tempat. Ketika Anda sudah tidak menggunakannya lagi, akan lebih baik untuk segera menyimpan kamera tersebut di dalam box atau tas yang memang dikhususkan untuk menyimpan alat tersebut. Kebiasaan dari anak muda zaman sekarang adalah menaruhnya di atas meja dan dibiarkan begitu saja, sehingga akan lebih rawan untuk jatuh atau terbentur dengan benda lainnya.

  •  Lensa Tidak Ditutup

Hal selanjutnya yang juga menjadi penyebab mengapa lensa pada kamera lebih mudah terkena masalah bahkan hingga pecah adalah karena lensa tersebut tidak ditutup kembali oleh penutupnya ketika sudah tidak digunakan. Hal ini dapat membuat lensa lebih cepat tergores, lecet dan bahkan pecah jika memang ada benda keras yang menghantam secara kencang pada bagian tersebut. Oleh karena itu, biasakanlah diri Anda untuk menutup lensa tersebut dengan penutupnya ketika sudah tidak digunakan lagi.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  •  Sembarangan Menggunakannya

Meski orang awam dapat menggunakannya secara leluasa, namun tidak semua dapat menggunakannya secara hati-hati. Kebanyakan dari anak muda sekarang lebih sembarangan ketika menggunakan kamera tersebut. Seperti misalnya, mereka menggantungkan kamera pada leher mereka, namun mereka melakukan hal lain yang membuat kamera tersebut terbentur-bentur dan bahkan melakukan hal lain yang dapat membuat lensa pecah. Kebiasaan yang satu ini memang mereka lakukan tanpa disadari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *