Kamera Mirrorless Canon Bisa Dirawat lewat Cara Ini Agar Kondisinya Tetap Bagus

Sebagai salah satu produsen yang menghasilkan alat untuk menangkap objek bidik dan menghasilkannya dalam bentuk gambar atau video, Canon menghadirkan mirrorless camera untuk Anda yang suka memotret ataupun vlogging yang mudah untuk dibawa kemana saja. Ada banyak ragam kamera mirrorless Canon yang ada di pasaran yang bisa Anda pilih. Jika Anda sudah memiliki kamera mirrorless, Anda bisa lakukan cara berikut ini agar kamera tersebut tetap bisa berfungsi dengan baik.

 Kamera Mirrorless Canon Bisa Dirawat lewat Cara Ini Agar Kondisinya Tetap Bagus

Pertama adalah rutin membersihkan kamera. Karena Anda tinggal di Indonesia yang memiliki suhu yang cenderung lembab menyebabkan tidak hanya sensor namun juga lensa menjadi lebih rentan terhadap jamur. Jika jamur sudah ada di bagian sensor dan lensa, akan sangat mempengaruhi hasil bidikan yang diambil. Sebelum melakukan perawatan kamera, cek dahulu buku manual kameranya misalnya di suhu berapa kamera mirrorless tersebut sebaiknya disimpan. Hindari tempat yang langsung terpapar sinar matahari agar tidak menyebabkan komponen kamera kering ataupun tempat yang lembab. Anda bisa menyimpan di kotak khusus yang tertutup rapat dan diberi silica gel untuk menjaga kelembaban tempat penyimpanannya.

Kedua adalah hindarkan dari air secara langsung. Jika Anda memiliki kamera mirrorless yang waterproof, mungkin terkena air bukan hal yang menakutkan. Namun jika Anda menggunakan jenis kamera mirrorless Canon yang tidak anti air, maka Anda harus menjauhkannya dari air. Hal ini disebabkan karena air bisa menyebabkan kamera menjadi lembab dan meningkatkan resiko kamera tersebut rusak lebih cepat. Jikapun Anda menggunakannya dekat dengan air, maka siapkan case atau cover yang anti air.

Ketiga adalah bersihkan hingga ke sela terkecil. Agar kamera mirrorless yang Anda miliki tetap bisa berfungsi dengan baik. Untuk menghilangkan debu atau kotoran yang melekat pada kamera, Anda bisa menggunakan blower dan untuk membersihkan keseluruhan body kamera, maka Anda bisa menggunakan kain microfiber. Sedangkan untuk tombol navigasi, anda bisa menggunakan kuas tipis untuk membersihkannya atau menggunakan cotton bud untuk bagian yang susah untuk dijangkau.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Cara perawatan kamera mirrorless Canon yang lainnya agar kamera Anda tetap dalam kondisi yang bagus adalah: 

  • Lindungi LCD-nya dengan memasang pelindung layar dari air ataupun debu yang menempel agar layar tetap bersih. Setelah itu, gunakan kain halus untuk membersihkan bagian layarnya.
  • Pasang filter UV di bagian lensa kamera agar lensa terlindung tidak hanya dari debu, air namun juga dari efek buruk UV dari sinar matahari. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan menggunakan cleaning kit.
  • Jangan mendiamkan kamera terlalu lama. Sama seperti motor, sesekali gunakan kamera Anda untuk memotret agar kamera tetap bisa berfungsi dengan baik terutama bagian tombolnya agar tidak kaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *