Jangan Mengaku Pecinta Fotografi Kalau Belum Mengenal Jenis Lensa Kamera DSLR Ini!

Lensa kamera adalah salah satu komponen terpenting yang harus dimiliki dan juga diperhatikan oleh para pecintanya. Kamera pun saat ini memang memiliki banyak model, namun yang paling diminati di Indonesia adalah kamera DSLR. Kamera ini memiliki beberapa jenis lensa yang dapat dipakai, dan ada beberapa jenis yang sangat digemari oleh pecintanya, dan yang paling jelas adalah yang memiliki panjang fokus. Hal ini dikarenakan agar dapat mendapatkan gambar yang memiliki kualitas lebih baik. Selain itu, hal ini sangat mempengaruhi akan terjadinya pembesaran pada objek, meskipun sudut pandangnya menjadi memiliki sudut yang sempit. Berikut ini adalah beberapa jenis lensa yang digunakan pada DSLR yang dibagi menurut jarak atau panjang fokus yang dimiliki:

Jangan Mengaku Pecinta Fotografi Kalau Belum Mengenal Jenis Lensa Kamera DSLR Ini!

  • Wide

Sesuai dengan namanya, lensa ini mampu mencakup fokus sebesar 35 mm dan juga yang lebih pendek. Jika suatu sudut pandang menjadi lebar, maka lensa tersebut akan sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar pemandangan yang sangat luas, seperti mengambil landscape, foto keluarga besar, gedung, perkotaan, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan lensa ini, Anda tidak perlu berjauhan dengan objek foto Anda, melainkan dekat pun Anda masih bisa mengabadikan momen tersebut. Selain itu, lensa ini ternyata juga mampu memberikan kesan 3 dimensi untuk semua foto yang diambil dengan lensa tersebut.

  • Standar

Lensa selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah lensa standar. Jenis ini memang sesuai dengan namanya, standar. Lensa kamera ini hanya mampu mencapai fokus sebesar 50 sampai dengan 55 mm. Jenis ini biasanya bisa Anda dapatkan hanya dengan membeli kamera tersebut, sebab biasanya para penjualnya pasti menyebutnya sebagai lensa bawaan. Meski tidak terlalu spesial, namun nyatanya lensa ini mampu Anda gunakan untuk menangkap momen yang biasanya terjadi pada keseharian Anda.

  • Telephoto

Lensa selanjutnya yang biasanya dipakai pada kamera DSLR adalah lensa telephoto. Lensa ini memiliki fokus yang berkisar antara 85 sampai dengan 200 mm. Kamera yang menggunakan lensa ini lebih sering digunakan untuk memotret objek yang jaraknya sedikit jauh dari Anda atau tidak terlalu dekat. Misalnya, bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar candid atau foto yang diambil tanpa sepengetahuan sang objek, atau memotret para pementas yang menari atau berada di kerumunan orang-orang.

Baca Juga Ini Dia Beragam Pilihan Lensa Canon Terbaik Lengkap dengan Spesifikasinya

  • Super Telephoto

Lensa kamera yang terakhir yang biasanya dipakai pada kamera DSLR adalah lensa super telephoto. Jenis ini memiliki fokus 300 sampai dengan 800 mm. Anda bisa menggunakan kamera dengan lensa tersebut untuk memotret para satwa yang jika didekati, maka mereka akan menjauh. Selain untuk memotret satwa, kamera dengan lensa ini cocok untuk memotret para atlet olahraga dan merekam segala pergerakan mereka dari kejauhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *