Inilah Tips Merawat Kamera DSLR Lebih Awet

Berkat kualitas DSLR yang lebih baik dan lebih murah, semakin banyak orang yang mampu membeli kamera dan memotret di berbagai tempat dan lingkungan. Namun, banyak pemula yang sembrono dan tidak terlalu memperhatikan perawatan kamera mereka, sehingga kamera menjadi rusak hanya dalam waktu singkat. Berikut ada 7 tips merawat kamera DSLR yang bisa anda lakukan agar kamera selalu dalam kondisi terbaik saat akan digunakan.

Inilah Tips Merawat Kamera DSLR Lebih Awet

  1. Selalu Simpan Kamera Didalam Tas

Tips merawat kamera yang pertama dan paling utama adalah selalu menyimpan kamera didalam tas yang lembut. Kamera dapat tergores dengan mudah dan debu dapat menumpuk di bagian-bagian yang halus. Tas kamera tidak hanya melindungi kamera dari goresan dan debu, namun juga melindungi dari kelembapan.

  1. Prioritaskan Perlindungan LCD dan Lensa Kamera

Tips merawat kamera yang juga tidak kalah penting adalah memprioritaskan perlindungan terhadap LCD dan Lensa Kamera.

LCD dan Lensa adalah bagian terpenting dari kamera. Selalu tutup lensa untuk perlindungan terbaik. Jangan pernah menggunakan produk pembersih kaca pada lensa kamera, karena dapat menghancurkan lapisan anti gores pada lensa tersebut. Sebagai gantinya, gunakan pembersih layar dan kain mikrofiber yang telah dirancang khusus untuk membersihkan lensa kamera Anda. Untuk bekas sidik jari menempel pada layar LCD, gunakan kain serat mikro bebas serat atau film perlindungan LCD yang mampu melindungi terhadap kerusakan yang tidak disengaja, noda dan mengurangi flare dan pantulan.

  1. Lepas Baterai Ketika Kamera Tidak Digunakan

Baterai kamera yang digunakan saat ini hampir semua terbuat dari alkali atau lithium. Akan tetapi, jika Anda menyimpan baterai di dalam kamera di area lembab, maka baterai bisa menjadi korosif.

Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan kamera Anda selama beberapa bulan, keluarkan baterai terlebih dahulu dan simpanlah dalam wadah baterai plastik tahan cuaca yang berkualitas.

  1. Lindungi Sensor

Matikan kamera saat mengganti lensa, mengganti kartu memori atau memutus atau memasang kabel. Mengubah lensa dengan status kamera dihidupkan akan meningkatkan kemungkinan penempelan debu pada sensor.

  1. Lindungi Kamera Dari Cuaca Ekstrim

Kamera adalah instrumen yang halus dan tidak dibuat untuk digunakan dalam cuaca buruk. Dalam kondisi dingin, bersalju atau lembab / basah Anda harus menggunakan pelindung tahan air. Dalam kasus lain, anda juga tidak boleh menyimpan kamera di tempat yang terlalu panas.

  1. Lindungi Kartu Memori

Perlakukan kartu memori dengan hati-hati dan simpan dalam tempat yang untuk menjaga kinerjanya. Jauhkan kartu memori dari debu, pasir, dan kotoran setiap saat. Simpan kartu memori hanya di tempat yang kering. Hindari sumber magnet juga karena itu dapat menyebabkan kerusakan pada kartu memori atau menghapus data didalamnya.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  1. Gunakan Filter untuk Melindungi Lensa

Tips merawat kamera yang terakhir adalah selalu gunakan filter lensa untuk perlindungan ekstra. Lensa kamera Anda secara alami dibuat rapuh dan rentan terhadap goresan, retakan, dan kerusakan. Melindunginya dengan filter UV akan memberikan perlindungan tambahan pada lensa yang dibutuhkan, sekaligus dapat meningkatkan kualitas gambar Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *