Inilah Harga Tripod Terbaru dan Cara Tepat Memilihnya

Tripod menjadi salah satu jenis aksesoris kamera yang berfungsi untuk menopang bodi kamera saat memotret. Aksesoris jenis ini memiliki peranan yang sangat penting untuk para fotografer profesional, hal ini dikarenakan dengan menggunakan tripod para fotografer akan dapat memfokuskan kamera pada obyek foto dengan baik tanpa terganggu berat kamera maupun guncangan yang mungkin terjadi. Selain itu, karena penggunaannya yang cukup mudah membuat aksesoris jenis ini paling dicari dipasaran. Harga tripod terbaru saat ini berkisar antara puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan fitur yang dimiliki oleh tripod tersebut.

Inilah Harga Tripod Terbaru dan Cara Tepat Memilihnya

Meskipun sepele, namun tripod sebenarnya memiliki banyak kegunaan. Seperti meningkatkan ketajaman gambar pada saat Anda menggunakan pengaturan ISO dengan titik rendah dan shutter speed rendah. Saat membeli tripod, Anda tidak bisa memilihnya dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan tripod merupakan jenis aksesoris yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan jika sampai salah memilih, Anda akan menyesal dan harus membeli tripod baru lagi. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan kita bahas bagaimana cara memilih tripod yang tepat supaya dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda, antara lain:

  • Menentukan budget.

Jika Anda sudah menentukan berapa budget yang akan Anda gunakan untuk membeli tripod, maka langkah selanjutnya adalah mencari toko yang memasang harga tripod sesuai dengan dana yang Anda miliki. Namun, tetap usahakan untuk membeli jenis tripod yang terbaik dan sesuai dengan kamera yang Anda miliki.

  • Ukuran tinggi tripod.

Ada banyak jenis tripod yang memiliki ukuran tinggi berbeda-beda, pilihlah tinggi tripod yang sesuai dengan postur tubuh Anda supaya nyaman saat digunakan.

  • Menentukan jumlah segmen kaki tripod.

Jumlah segmen atau potongan kaki tripod biasanya terdiri dari dua, tiga, sampai empat kaki. Semakin sedikit segmen, maka akan semakin kecil kaki dibagian bawah sehingga lebih tidak stabil. Namun, semakin banyak segmen kaki juga akan membuat ukuran tripod semakin besar dan kurang fleksibel jika dibawa kemana-mana.

  • Berat tripod.

Sesuaikan ukuran berat tripod dengan kebutuhan fotografi Anda. Jika Anda menggunakan tripod untuk keperluan memotret dirumah atau di studio, maka Anda bisa memilih berat yang sesuai kemampuan Anda. Akan tetapi, jika Anda akan membawanya ke pantai atau ke gunung, maka pilihlah tripod yang berbahan alumunium maupun serat karbon yang memiliki bobot lebih ringan.

  • Memeriksa bagian tripod head built in.

Kepala tripod adalah komponen terpenting yang rentan terjadi kerusakan. Sebelum membelinya periksalah bagian kestabilan atau kekokohan tripod head ini apakah dapat mengunci dengan baik atau tidak.

Baca juga Menilik Manfaat Penting Tripod Kamera dalam Fotografer yang Belum Diketahui Banyak Orang

Itulah beberapa cara memilih tripod yang tepat. Untuk bisa mendapatkan harga tripod terbaik, pantaulah beberapa toko perlengkapan kamera maupun toko online yang biasanya akan mengadakan harga promo atau diskon pada momen-momen tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *