Inilah Fungsi Tripod Kamera Digital yang Perlu Anda Ketahui

Dalam menggunakan kamera tentu anda akan membutuhkan beberapa aksesoris penunjang lainnya supaya bisa memaksimalkan performa kamera dalam mengambil gambar. Dari sekian banyak aksesoris yang dibuat untuk kamera ada salah satu yang cukup diminati yaitu tripod kamera. Perlu anda ketahui bahwa tripod merupakan kaki tiga yang berfungsi untuk menopang body kamera. Mungkin selama ini hanya sebagian orang saja yang sering menggunakan tripod untuk pengambilan gambar. Padahal aksesoris yang satu ini justru memiliki fungsi yang banyak namun belum diketahui oleh kebanyakan pengguna kamera. Untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai fungsi tripod yang bisa menambah wawasan anda.

Inilah Fungsi Tripod Kamera Digital yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Tripod Kamera dalam Dunia Fotografi

  • Mengurangi Beban Menopang Kamera

Fungsi tripod kamera yang pertama adalah membantu menopang beban kamera. Untuk kamera DSLR memang memiliki ukuran yang besar dengan bobot yang semakin berat pula. Terlebih jika kamera DSLR tersebut ditambahkan dengan lensa tentu akan membuatnya semakin berat saat digunakan untuk memotret. Untuk itulah supaya anda lebih mudah dalam mengambil gambar maka bisa menggunakan tripod untuk mengurangi beban dan rasa pegal saat harus mengambil gambar.

Baca juga: Inilah Harga Tripod Terbaru dan Cara Tepat Memilihnya

  1. Untuk Pemotretan Shutter Speed Rendah
    Jika anda mengatur kecepatan rana dengan shutter speed yang rendah yaitu 1/10 detik bahkan hingga 25 detik lalu anda lihat hasilnya setelah pemotretan. Hal ini akan membuat hasil gambar menjadi kabur dan tidak fokus. Hal ini biasanya disebabkan oleh kekuatan tangan yang tidak mampu menopang dengan baik kamera yang digunakan tersebut. Untuk mengatasi terjadinya efek kabur pada saat melakukan pemotretan menggunakan rana rendah maka kini anda bisa memakai tripod kamera. Dengan begitu kamera anda bisa berdiri lama tanpa adanya goncangan.
  2. Mencapai Angle yang Sulit saat Landscape
    Untuk anda yang ingin mengambil gambar secara landscape maka silakan gunakan tripod supaya komposisi angel dan aturan rule of third menjadi lebih tepat. Selain itu, penggunaan tripod tersebut juga membantu menahan getaran sehingga kamera bisa mengambil gambar yang tidak bisa dicapai oleh guru gambar.
  3. Menghasilkan Foto HDR
    Dengan menggunakan tripod maka akan membantu anda dalam memperoleh gambar HDR. Seperti yang telah diketahui bahwa mengambil gambar secara HDR sangat sulit dilakukan karena membutuhkan pengolahan menggunakan software editing. Setidaknya anda harus memotret sebanyak 3 kali atau lebih dengan exposure yang berbeda. Untuk itulah anda membutuhkan tripod sebagai penyangga kamera sehingga hasilnya bisa tepat dan tidak berantakan.
  4. Pemotretan Fitur Timer
    Bagi anda yang ingin mengambil gambar anda sendiri namun tidak ingin merepotkan orang lain maka bisa menggunakan tripod. Anda bisa menggunakan fitur timer pada kamera sehingga bisa memotret secara otomatis.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi tripod kamera yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda tak perlu ragu untuk membeli tripod sebab ada banyak fungsi yang bisa anda peroleh dan mungkin selama ini masih belum anda ketahui.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *