Inilah Ciri-ciri Kamera Bagus yang Bisa Dijadikan Pedoman

Memiliki kamera yang bagus tentu menjadi harapan setiap orang. Maka tak heran tiap orang ketika membeli selalu melakukan survei dan banyak bertanya. Kamera yang bagus ternyata tak hanya bisa dilihat dari spesifikasinya saja. Karena sekarang ini banyak sekali kamera yang spesifikasinya sama tapi ternyata hasil gambar yang muncul justru berbeda. Sebagai konsumen, hendaknya Anda harus tahu tentang ciri-ciri dari sebuah kamera bagus dan mampu menghasilkan gambar yang berkualitas. Bagaimanakah ciri tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

  • Kualitas gambar

Kualitas gambar tentu saja menjadi tolak ukur pertama yang mesti dinilai ketika ingin mendapatkan kamera yang bagus. Sangat percuma bukan jika Anda membeli kamera canggih tapi ternyata tidak bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus? Kamera yang mampu menghasilkan kualitas gambar baik biasanya memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

  • Resolusi gambar yang dihasilkan cukup tinggi.
  • Telah menggunakan sensor gambar yang lebih modern sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.
  • Processor kamera hendaknya juga sudah berkecepatan tinggi. Sehingga mampu mengurangi noise pada foto.

Itulah beberapa ciri yang mestinya dimiliki oleh sebuah kamera yang berkualitas tinggi. Biasanya ciri tersebut akan lebih didapatkan pada kamera yang kondisinya masih baru.

  • Kinerja kamera

Bukan hanya bagi fotografer yang profesional saja, bagi para pemula memperhatikan kinerja kamera sangatlah penting. Carilah kamera yang mampu melakukan processing lebih baik. Kamera yang kurang bagus biasanya akan kesulitan dalam memproses gambar. Bukan hanya itu saja, biasanya kamera yang kurang bagus juga akan sulit untuk dioperasikan. Ini bisa terjadi karena processor yang ada di dalamnya memang kurang baik. Kapasitas pada baterai juga perlu untuk diperhatikan. Sebab semakin banyak kapasitas baterai yang dimiliki, maka semakin bagus juga kinerja yang dimiliki oleh kamera tersebut.

  • Kelengkapan

Sebagai seorang fotografer pemula ataupun yang sudah profesional, perlu sekali memperhatikan kelengkapan pada sebuah kamera. Usahakan memiliki kamera bagus yang berasal dari merk terkenal. Sehingga Anda tidak kesulitan untuk mencari komponen atau aksesoris bila sedang membutuhkannya. Jika dalam mencari komponennya saja mudah, secara otomatis belajar menggunakan kamera tersebut akan lebih mudah juga.

Baca Juga : Ini Dia Review Kamera dengan Harga Termaha

Supaya bisa mendapatkan kamera yang bagus, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan. Diantaranya:

  • Membaca spesifikasi memang sangat penting sebelum membeli. Tapi jangan jadikan spesifikasi sebagai penentu kualitas dari sebuah kamera.
  • Ketika membeli secara langsung, lebih baik Anda mencobanya dulu. Karena dengan mencoba, Anda akan lebih tau dan lebih mudah menentukan apakah kamera tersebut baik atau tidak.
  • Jika membeli secara online, cukup lihat reputasi toko yang menjualnya. Jika reputasi toko jual kamera jelek, lebih baik jangan membeli disana daripada Anda akan menyesal kemudian.
  • Selalu memperhatikan budget yang dimiliki juga sangat penting. Sebab banyak sekali orang yang membeli kamera melebihi budget tapi ternyata kamera yang didapatkan justru biasa-biasa saja.

Itulah beberapa hal penting yang mesti diperhatikan agar bisa memperoleh kamera dengan kualitas yang bagus.

Mungkin ada beberapa kamera bagus yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membelinya. Misalnya saja kamera Canon tipe 700D, Nikon tipe D5200, Canon 55D dan masih banyak lagi yang lainnya. Terakhir yang mesti diperhatikan adalah sebaiknya Anda membeli kamera menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika untuk belajar, mungkin membeli kamera dengan kualitas biasa sudah bagus. Tapi jika diperuntukkan bisnis, sebaiknya beli saja kamera lebih profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *