Inilah Alasan Perbedaan Harga Antara Kamera SLR dan DSLR

Berfoto kini sudah termasuk hal yang amat umum dilakukan oleh masyarakat. Hal ini lantaran kemudahan media untuk berfoto sehingga menjadikan hal ini sudah menjadi kebiasaan baru di era yang serba modern ini. Tak hanya kamera saja yang bisa dijadikan media berfoto, namun bahkan ponsel juga sudah banyak yang memiliki kualitas foto yang jernih dan bagus. Meski begitu, harga kamera SLR dan DSLR tetap jadi favorit untuk memberikan kesan lebih berbeda serta kualitas foto yang lebih nyata.

Mungkin Anda sudah banyak familiar dengan kamera SLR maupun DSLR karena kini sudah umum untuk dimiliki. Tetapi, masihkah Anda berfikir jika kamera SLR dan kamera DSLR adalah jenis kamera sama? Mungkin kini Anda harus mengubah pemikiran tersebut karena sebetulnya kedua kamera ini adalah berbeda. Untuk bisa mengetahui lebih dalam tentang perbedaan keduanya, maka ada baiknya jika Anda menyimak ulasan berikut ini:

  • Refleksi lensa

Untuk kamera jenis SLR, pada refleksi lensanya memakai tunggal jalur demi bisa melewatkan cahaya pada viewfinder serta foacal panel. Apabila menggunakan teknik ini, maka pengguna pun akan mampu melihat obyek yang sama persis seperti ketika aslinya. Berbeda pada kamera DSLR karena pandangan yang terlihat akan bisa berbeda pada tangkapan filmnya karena adanya lensa ganda di dalamnya.

  • Sistem kerjanya

Untuk kamera SLR, terdapat pentaprisma yang ada di jalur optical lewat lempengan film. Nantinya cahaya yang masuk ini akan bisa terpantul ke cermin sehingga bisa terkena ke pentaprismanya. Setelah itu, pentaprisma akan memantulkan cahaya lalu mengenai jendela bidikan sehingga penggunanya akan mampu melepas tombol sehingga kaca bisa membuka jalan untuk ke arah cahaya dan lalu langsung mengenai film. Hal ini berbeda pada kamera jenis DSLR karena memakai mechanical mirror dimana mampu mengarahkan cahayanya secara langsung sehingga bisa terlihat jika penggunaannya lebih mudah. Dari sini pun sudah jelas jika harga kamera SLR dan DSLR akan berbeda karena sistem kerjanya juga beda.

  • Hasil foto

Jenis kamera SLR menggunakan 35mm analog sebagai medianya sehingga tak butuh prosesor digitalisasi sehingga pengguna pun dapat melihat hasil fotonya langsung. Tetapi jika ingin memprosesnya lagi, Anda pun bisa membawa gulungan filmnya ke percetakan. Untuk kamera DSLR sendiri, Anda butuh komputer untuk bisa mencetaknya karena media simpannya memakai memory card.

Itulah alasan mengapa harga kamera SLR dan DSLR bisa berbeda di pasaran karena memang di dalamnya pun menggunakan sistem yang berbeda. Pada dasarnya, untuk harga pasaran kamera SLR sendiri cenderung bisa didapat lebih terjangkau dibanding DSLR, namun tidak bisa seluruhnya dipukul rata karena ada beberapa kamera SLR yang harganya juga tinggi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *