Inilah 7 Tips Merawat Lensa Kamera Anda

Lensa adalah komponen paling penting untuk seorang Fotografer. Lensa mampu mengumpulkan cahaya dan memfokuskannya untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jernih. Karena fungsinya yang sangat penting, unsur-unsur kaca di lensa harus benar-benar selaras dan bersih. Berikut ada 7 tips merawat lensa kamera agar selalu dalam keadaan optimal saat digunakan.

Inilah 7 Tips Merawat Lensa Kamera Anda

  1. Jangan Biarkan Air Masuk Kedalam Lensa

Tips merawat lensa yang pertama adalah jangan biarkan air masuk kedalam lensa. Karena itu, minimalkan paparan dari hujan, kondensasi, atau tempat-tempat dengan konsentrasi garam tinggi di udara. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelembaban yang biasanya mengakibatkan munculnya embun kecil atau jamur di permukaan lensa.

  1. Pastikan Kedua Tutup Lensa Selalu Terpasang Ketika Tidak Digunakan

Sebagian besar kamera memiliki dua penutup lensa (satu untuk depan, dan satu lagi untuk bagian belakang). Pastikan bahwa kedua tutup tersebut selalu terpasang ketika anda melepas lensa dari kamera dan menyimpannya.

Selain itu, pastikan kedua tutup lensa tersebut selalu dalam keadaan bersih sebelum memasangnya.

  1. Gunakan Pelindung UV

Tips merawat lensa berikutnya adalah selalu gunakan pelindung UV pada lensa anda. Filter yang ditempatkan di depan lensa mampu melindunginya dari elemen berbahaya seperti debu, noda kotoran, maupun bekas sidik jari anda. Selain itu, pelindung UV juga mampu memberikan perlindungan ekstra dari benturan lain yang mungkin terjadi.

  1. Siapkan Kit Perawatan Lensa

Kit perawatan lensa biasanya berisi sikat dua sisi, larutan pembersih, kapas, dan juga kain khusus untuk membersihkan lensa. Selalu bawa kit tersebut ketika anda ingin memotret diluar ruangan. Kegiatan bongkar pasang lensa di luar ruangan bisa menyebabkan masuknya debu kedalam lensa, dan kit ini mampu membantu anda dalam membersihkannya.

  1. Siapkan Tas Kamera Yang Berkualitas

Sebaiknya beli tas kamera khusus dengan partisi didalamnya. Ini memudahkan anda dalam penyimpanan dan biasanya tas khusus memberikan perlindungan terhadap kelembaban.

Tempatkan tas kamera atau casing di area yang tidak terkena sinar matahari langsung, tempat yang terlalu panas, atau terlalu lembab. Usahakan selalu bersihkan Tas dari debu, kemudian simpan pada tempat yang dingin dan kering.

  1. Jangan Menyentuh Lensa Dengan Jari Anda

Jangan menyentuh kaca dengan jari anda karena akan meninggalkan noda minyak dan noda yang sulit dihilangkan. Setiap kali anda ingin menyentuh lensa, gunakan kain serat mikro agar tidak ada noda yang menempel.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  1. Bersihkan Lensa Sebelum / Setelah Menggunakannya

Setiap kali Anda akan / sudah menggunakan lensa, selalu periksa permukaan kaca lensa. Apakah ada debu, noda, atau kotoran yang menempel?. Jika iya, segera bersihkan dengan sikat pembersih lensa dan mengarahkan lensa kebawah untuk membiarkan gravitasi membantu menghilangkan kotoran.

Namun, jika Anda menemukan noda pada permukaan kaca, menyikat lensa tidak akan membantu. Anda harus menggunakan kain serat mikro untuk menggosok lensa dengan lembut dari tengah-tengah dan berusaha menggerakkannya ke tepi lensa. Pindahkan kain dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan untuk meminimalkan goresan yang mungkin terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *