Inilah 6 Tips yang Wajib Diketahui Saat Anda Akan Membeli Lensa Kamera

Lensa Ibarat retina mata dari kamera. Jika retinanya mengalami gangguan maka penglihatan pun akan menurun kualitasnya begitupun antara lensa dengan kamera. karena pada dasarnya kondisi lensa mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan kamera. Vitalnya peran lensa, mengharuskan Anda memilah dan memilih lensa kamera pada DSLR. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tak salah pilih sehingga berujung kekecewaan. Simak 6 tips memilihnya berikut.

Inilah 6 Tips yang Wajib Diketahui Saat Anda Akan Membeli Lensa Kamera

Pahami Kebutuhan Anda

Janis lensa yang dibeli hendaknya disesuaikan dengan tipe fotografinya. Karena masing-masing lensa seperti lensa tele, lensa wide, lensa fix, atau lensa mempunyai kelebihan masing-masing. Misalnya lensa tele cocok digunakan untuk memotret hewan, sedangkan untuk menangkap gambar serangga jelas dibutuhkan lensa makro. Namun, jika Anda hanya ingin mengabadikan momen bersama keluarga, Anda cukup membeli lensa kamera paket kit atau body beserta lensanya yang umum ditawarkan toko-toko.

Sesuaikan Tipe Lensa dengan Sensor Kamera

Lensa yang seharusnya Anda beli juga dipengaruhi jenis sensornya. Lensa yang tidak klop dengan sensornya dapat mengakibatkan hasil foto yang kurang maksimal bahkan lebih parahnya berpotensi lensanya tidak bisa dipakai. Jenis sensor pada kamera DSLR sendiri dibagi menjadi dua tipe. DLSR dengan sensor full frame dan sensor APSC. Untuk lensanya, diameter kamera dengan sensor full frame akan lebih besar. Sementara pada kamera dengan sensor APSC mempunyai diameter lensa yang lebih kecil.

Ketahui Perbedaan Lensa Pabrikan dan Lensa Nonpabrikan

Selain merek pabrikan seperti Nikon, Canon, dan Sony, tersedia pula merek-merek lensa kamera nonpabrikan atau aftermarket. Perbedaan keduanya adalah harga. Lensa dengan focal length (panjang fokus) yang sama lensa antara nonpabrikan seperti Tokina, Tamron, atau Sigma lebih murah dibanding lensa pabrikan. Namun tentu saja kualitas lensa aftermarket tidak sebagus lensa pabrikan. Fiturnya juga memiliki perbedaan. Fitur Lensa nonpabrikan biasanya tidak selengkap dan sebagus fitur pada lensa pabrikan.

Cermati Spesifikasi Teknis Lensa

Sebelum membeli lensa hendaknya Anda memperhatikan spesifikasi teknis yang dimiliki meliputi kualitas optik, ketahanan terhadap air dan debu, kekuatan motor fokus lensa, dan kemampuan image stabilizer. Karena kemampuan mencari fokus lensa berbeda-beda, ada yang cepat juga yang lambat. Kemampuan image stabilizernya pun juga begitupun, ada yang dapat menahan goncangan dengan persentase besar ada yang kecil. Yang perlu digaris bawahi adalah bagusnya spesifikasi yang dimiliki berbanding lurus dengan harga jualnya yang tinggi.

Uji Kondisi Lensa

Jangan lupa membawa kamera yang dimiliki atau Minimal membawa bodinya agar kondisi lensa yang akan dibeli bisa langsung diuji. Bagian yang perlu diuji  seperti kemampuan autofokus dan lensa tidak gagal fokus, kondisi ring fokus atau ring zoomnya serta pastikan kondisi optik lensa tidak berjamur.

Baca juga: Ini Langkah Penting Yang Harus Anda Lakukan Jika Lensa Pecah Pada Kamera

Dapatkan Garansi

Pastikan Anda mendapat garansi dari produsen saat membeli lensa kamera yang baru bukan garansi toko. Hal ini untuk memudahkan dan menghemat biaya karena tinggal membawanya ke service center resmi jika ditemui kegagalan produksi. Begitupun jika Anda membeli lensa bekas, tetap minta garansi dari penjualnya minimal 1-2 bulan. Sehingga Anda mempunyai cukup waktu untuk menguji kemampuan lensa tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *