Inilah 4 Langkah Mengatasi Jamur Lensa dengan Benar

Salah satu masalah bagi pemilik kamera DSLR maupun jenis digital dan lainnya adalah terserang jamur lensa yang membuat kualitas bidikannya turun tajam. Indonesia yang memiliki iklim tropis membuat jamur mudah sekali tumbuh dengan subur dan kadang menyerang perlengkapan kerja Anda. Salah satunya adalah menyerang perangkat fotografi dan parahnya jamur ini suka menyerang bagian lensa yang tentu menjadi otak dari kamera untuk menghasilkan foto berkualitas. Ditambah lensa yang sudah terserang jamur perlu penanganan khusus agar kembali kinclong seperti baru, jika harus diganti baru maka modalnya lumayan.

Inilah 4 Langkah Mengatasi Jamur Lensa dengan Benar

Langkah-Langkah Mengatasi Jamur Pada Lensa Kamera

Jamur ini biasa menyerang lensa kamera, namun bukan berarti diremehkan karena kalau dibiarkan justru semakin parah dan lensa cenderung tidak bisa dipakai lagi. Simak beberapa langkah berikut untuk mengatasi masalah jamur bandel satu ini:

  • Memeriksa kondisi jamur dulu,

Sebelum mengatakan lensa kamera Anda terkena jamur baiknya diperiksa dulu karena bisa jadi hanya tertutup debu tipis. Biasanya penampakan jamur ini akan nampak seperti garis-garis tipis yang seolah berasal dari bagian tepi menuju ke tengah lensa. Jika lensa belum tertutup seluruhnya oleh jamur maka aman dibersihkan sendiri, yakni memakai kain lap bersih disemprot cairan pembersih khusus.

  • Siapkan perlengkapan untuk membersihkan,

Usai mendeteksi jika jamur lensa memang menyerang lensa kesayangan Anda maka perlu segera ditangani. Tentunya jika jamur ini belum terlalu parah dan perlu menyiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari pinset, mangkuk kecil, cairan pembersih khusus, bola-bola kapas, sampai perlengkapan untuk membongkar lensa kamera. Memang prosesnya terdengar mudah namun lensa ini rentan rusak jadi jika tidak paham dan tidak punya ilmu soal ini baiknya serahkan pada ahlinya.

  • Serahkan pada ahlinya,

Khusus untuk Anda yang paham hanya menggunakan kamera dengan benar untuk menghasilkan foto yang keren. Maka membongkar kamera sendiri bukan tindakan tepat karena ada banyak komponen yang musti dipasang kembali itupun dengan hati-hati. Proses pembersihan lensa pun baiknya dilakukan dengan teliti agar tak mengalami goresan, dan jika tak paham atau mungkin jamur sudah cukup parah disarankan diserahkan pada ahlinya. Sekarang sudah banyak jasa service kamera bertebaran sehingga bisa membantu Anda mengatasi masalah jamur ini.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  • Simpan dengan benar,

Usai dibersihkan baiknya melakukan pencegahan munculnya jamur pada lensa kamera Anda, yang ternyata tidak susah. Jika tidak memiliki cukup uang untuk membeli drybox di toko kamera karena memang mahal Anda bisa memakai alternatif menggunakan gel silica. Harganya murah dan beberapa sudah dikemas ke dalam kantong-kantong kertas berukuran kecil sehingga tinggal dipakai. Letakkan di dekat lensa kamera Anda meski hanya disimpan di dalam kantong kain, supaya masalah jamur lensa tak lagi mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *