Ini Langkah Penting Yang Harus Anda Lakukan Jika Lensa Pecah Pada Kamera

Apakah yang harus Anda lakukan ketika kamera jatuh dan ternyata ada lensa pecah didalamnya? Hal ini memang sering terjadi. Jika Anda belum tahu jawabannya, maka ulasan singkat yang kami berikan ini sangat pas untuk Anda pahami dan coba lakukan. Agar Anda tidak semakin penasaran dibuatnya, berikut pembahasannya. Beberapa kamera yang ada di pasaran memang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup menarik untuk terus diikuti pengguna kamera. Salah satu fitur yang ada tersebut adalah bisa tahan air, debu hingga berbagai benturan sekalipun.

Ini Langkah Penting Yang Harus Anda Lakukan Jika Lensa Pecah Pada Kamera

Sesuai dengan fitur yang dimilikinya, tentu harga kamera juga berbeda. Semakin lengkap suatu fitur, akan semakin mahal pula kamera tersebut. Khusus bagi pengguna kamera yang harganya tidak malah alias tidak punya beberapa fitur yang sudah kami sampaikan tadi, maka sangat disarankan utnuk menjaga kamera sebaik mungkin. Karena jika terjatuh dan akhirnya lensa pecah, maka Anda sendiri yang dirugikan. Lalu, bagaimana jika kamera tidak sengaja lepas dari genggaman yang akhirnya jatuh? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa langsung cek jawabannya pada pembahasan artikel ini. Berikut adalah pembahasan singkat yang kami maksud.

Pertolongan Pertama Lensa Pecah Pada Kamera

Yang pertama untuk kita ketahui adalah tempat jatuh dari kamera yang Anda miliki mempunyai dampak yang sangat berbeda satu dengan yang lain. Baik itu jatuh di permukaan kasur, jatuh di air hingga jatuh di permukaan yang keras seperti lantai. Bahan dengan permukaan keras umumnya berpotensi merusak sebagian atau keseluruhan bodi kamera yang akhirnya menyebabkan lensa pecah atau kerusakan fatal lainnya. Yang tentu, potensi atau peluang kamera bisa selamat sangat kecil.

Ketika kamera jatuh di air memang secara fisik tidak akan merusak bentuknya sama sekali. Namun bisa membuat kamera tadi akan mati untuk selama-lamanya. Kecuali jika Anda punya kamera anti air. Tentu tidak akan terjadi masalah ketika kamera jatuh di air. Ketika kamera jatuh di permukaan yang keras, pertama yang harus dilakukan adalah langsung cek bagaimana kondisi kamera tersebut. Apakah masih utuh, lensa pecah atau sebagainya. Bagi Anda yang masih beruntung, mungkin saja bentuk kamera masih utuh namun masih ada bagian yang retak sedikit.

Baca juga: Berbagai Kesalahan Saat Menggunakan Lensa Wide

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kondisi dari lensa kamera tersebut. Jika kamera jatuh ketika kondisi sudah mati, mungkin saja lensanya masih tersimpan dibagian bodi. Namun, jika lensanya sedang menonjol, tentunya ada bagian lensa pecah ataupun lensa yang bengkok pada kamera tersebut. Bagi kamera yang lensanya sudah pecah, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah langsung membawanya ke tempat servis yang resmi dan terpercaya. Jika tidak, maka kamera tidak akan bisa digunakan lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *