Ini Dia Kamera Analog Yang Masih Dicintai Oleh Fotografer

Untuk para pecinta dunia fotografi, kedatangan kamera digital yang memberikan banyak kemudahan dalam memakainya bukan sebuah pilihan yang bagus. Mereka faktanya masih memilih memakai kamera film dengan keterbasan yang melekat pada dirinya. Para pecinta fotografi ini merasa lebih tertantang ketika memakai kamera analog ketimbang menggunakan kamera digital. Selain mengurangi penguasaan yang berlebih pada kamera dan fitur-fiturnya, menggunakan kamera digital dirasa akan membatasi kreatifitas dalam menghasilkan sebuah karya foto. Sebenarnya, apa saja sih kamera analog yang banyak dicari oleh para pecinta fotografi? Berikut dalam artikel ini saya akan mencoba untuk memberikan daftar kamera analog yang masih dicintai oleh fotografer.

Ini Dia Kamera Analog Yang Masih Dicintai Oleh Fotografer

  • Nikon FM2

Perlu diketahui, bahwa kamera ini dibuat sekitar tahun 1982 silam. Segalanya masih manual, pengaturan percepatan atau shutter speed, ISO, aperture maupun focus segalanya masih dilakukan secara manual. Setiap selesai menjepret, kamu wajib untuk menarik tuas untuk siap menjepret foto lagi..

  • Canon Canonet QL17

Kamera Acnonet tipe inibisa dibilang bandel sebab diproduksi antara tahun 1960 hingga 1980 an silam. Kamera analog ini termasuk kategori Cult Camera. Banyak fotografer yang suka memakai kamera ini lantaran memiliki ketajaman lensa yang sangat bagus. Dipastikan, jika kalian menggunakan kamera ini dengan speed 1/15 tidak akan goyang deh!

  • Yeshica FX Super 2000

Kamera Yeshica tipe ini diketahui muali diproduksi pada tahun 1986 silam dan punya embel-embel super, yaitu mampu menyediakan fitur tambahan seperti shutter speed hingga 1/2000 detik. Fitur ini tidak dimiliki oleh pendahulunya yakni FX-3 yang mana hanya mampu mencapai 1/1000 saja. Kamera ini juga terdapat light meter dengan tenaga dua baterai LR44 yang bisa membantu pemakai kamera dalam menentukan apakah cahaya yang telah masuk punya intensitas high atau low.

Baca juga: Berikut Deretan Kamera Terbaik Yang Recommended Buat Kamu

  • Nikon FM10

Tak ketinggalan, Nikon juga memiliki kamera analog yang sempat tenar di masanya. FM10 merupakan kameran manual dari Nikon yang pertama dipasarkan padatahun 1995 silam. Pusat weighted metering, shutterspeednya mampu mencapai 1/2000. Kamera ini juga mampu menghasilkan gambar yang tajam, hasil yang bagus untuk kelas kamera analog. Fotografer banyak yang menyukai kamera ini lantaran memiliki bodi yang enten sehingga enak dibawa traveling.

  • Olympus Mjuii

Kamera keluaran Olympus ini dinilai sebagai kamera yang palingnyaman digunakan untuk kegiatan street photography. Kamera ini juga dapat menghasilkan foto yang memuaskan. Namun kekurangan pada kamera ini memiliki fitur shutter speed yang diatur secara auto, jadi pengguna harus memakai film minimal ISO 400 agar mendapatkan gambar doff yang bagus.

Nah, berikut diatasadalah beberapa kamera analog yang sempat tenar dimasanya dan masih disukai oleh fotografer hingga saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *