Ini Dia Beragam Teknik Pengambilan Gambar Menggunakan Drone

Drone adalah sebuah jenis kamera yang masih bisa dibilang baru kemunculannya. Drone merupakan sebuah bukti dari kemajuan teknologi yang ada saat ini. Kita semua pasti tau bahwa drone adalah kamera yang bisa terbang dan berfungsi untuk mengambil gambar panorama kawasan tertentu yang ingin kita lihat. Pengguna drone sudah cukup banyak, dengan harga yang bermacam-macam, mulai dari harga drone murah, sampai yang mahal.

Drone juga bisa mempercantik isi dari video yang kamu buat. Mengontrol drone tentu membutuhkan keahlian tersendiri dan juga membutuhkan motorik yang baik. Kenapa? Karena mengontrol terbangnya drone sambil merekam video dan mengambil gambar dengan baik bukanlah hal yang mudah. Perlu latihan khusus dan skill tersendiri untuk mengontrolnya.

Jika kita menerbangkan drone dengan sembarangan, tentu kita akan mendapatkan hasil gambar yang buruk. Bukan itu saja, menerbangkan drone tanpa latihan terlebih dahulu berisiko membuat drone kamu hilang atau rusak karena menabrak sesuatu.

Menjadi hal yang sangat penting mengetahui bagaimana cara menerbangkan drone sekaligus tahu teknik pengambilan gambar yang bagus. Bagaimana sih teknik pengambilan gambar menggunakan drone? Yuk langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

  1. Merencanakan jalur terbang

Dalam mengambil gambar atau video menggunakan drone tidak bisa sembarangan. Kamu perlu menyiapkan rencana jalur terbang. Bagi kamu, pilot drone, mengetahui medan dan risiko apa saja di jalur penerbangan adalah hal yang utama. Oleh karena itu usahakan bahwa kamu mengetahui medan seperti apa yang akan menjadi jalur terbang dronemu nanti. Kemudian buatlah jalur batasan-batasan jalur penerbangan demi mendapatkan angle yang bagus untuk pengambilan gambar dan video menggunakan drone. Biasanya, seorang videografer yang sudah profesional akan memberi 15 detik tambahan waktu di sebelum dan sesudah video utama. Hal ini berfungsi untuk mempermudah pengeditan.

  1. Perhatikan tuas kontrol

Setelah kamu merasa bahwa jalur penerbangan dronemu aman dan bisa dilewati dengan baik, selanjutnya kamu harus memperhatikan tuas kontrol drone kamu. Pastikan bahwa tuas kontrol dronemu dalam kondisi normal, tegak lurus, dan yang paling penting adalah memastikan tuas kontrol dalam keadaan tenang. Ini akan membantu kamu dalam menerbangkan drone karena tuas kontrol yang aman dan tenang akan membuat drone kamu terbang dengan mulus.

  1. Perhatikan pergerakan drone

Jika kamu telah merencanakan penerbangan, bukan berarti saat kamu menerbangkan drone semuanya akan baik-baik saja. Untuk menghindari hal itu, dibutuhkan ketenangan diri supaya kamu lebih rileks dalam menerbangkan drone, karena jika kamu grogi, akan berpengaruh pada pergerakan drone. Kontrol pergerakan drone dengan tenang, gunakan tuas kontrol untuk mengontrol ketinggian terbangnya. Jika kamu sudah menguasai diri dan telah mulai mahir menerbangkan drone, kamu bisa mencoba memiringkan gimbal untuk bisa mendapatkan video yang bagus dengan angle tertentu yang sudah kamu bidik.

  1. Gunakan mode ATTI

Menerbangkan drone biasanya menggunakan mode GPS, tentu menggunakan GPS memang lebih aman dan stabil. Jika kamu merasa sudah bisa menguasai drone, cobalah ganti menjadi mode ATTI. Dengan mode ini, kamu bisa membuat drone terbang lebih mulus dan akan menghasilkan gambar yang lebih bagus dari biasanya.

Itu dia teknik pengambilan gambar menggunakan gambar yang bisa kamu lakukan, bagi kamu yang masih pemula dan masih belajar, dianjurkan untuk membeli drone murah terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *