Ini Bedanya Kamera SLR dengan DSLR yang Perlu Diketahui Pecinta Fotografi

Untuk mengabadikan momen tertentu yang berkesan misalnya saat berkumpul dengan keluarga, dibutuhkan alat untuk menangkap objek dan menjadikannya gambar atau video. Alat yang disebut kamera ini ada beberapa jenis dan salah satunya adalah SLR. Kamera SLR merupakan suatu kamera yang mempergunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal sehingga berkas cahaya bisa lewat menuju ke 2 tempat yaitu ke focal plane dan ke viewfinder sehingga penggunaan kamera seperti fotografer bisa melihat objek yang sama seperti hasil fotonya.

Tidak sedikit yang mengira jika kamera DSLR sama dengan kamera ini. Akan tetapi, kedua jenis kamera tersebut berbeda. Selain sistem cara pengambilan gambarnya, terdapat beberapa yang harus Anda ketahui terutama jika Anda merupakan penggemar fotografi dan mencoba pertama kali di dunia fotografi. Pertama adalah harganya. Perbedaan ini cukup mencolok dan harga dari DSLR lebih mahal jika dibandingkan dengan SLR disebabkan karena berbagai faktor dan salah satunya adalah fitur yang terpasang pada kamera tersebut. Namun, ada beberapa kamera analog yang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan DSLR.

Kedua adalah media penyimpanannya. Untuk jenis kamera SLR, tempat penyimpanannya menggunakan film 35 mm sedangkan untuk jenis kamera DSLR menggunakan memori eksternal. Sehingga jika kamera analog atau SLR sudah mengambil gambar dari objek yang dibidik, maka fotografer atau orang yang memotret tersebut tidak bisa menghapus gambar yang sudah tercetak pada film untuk menyimpan gambar tersebut. Sedangkan untuk kamera DSLR, Anda bisa memilih dan menghapus mana saja gambar yang menurut Anda bagus dan yang mana yang harus dihapus.

Ketiga adalah dari proses pencetakan gambar. Untuk pencetakan gambar, biasanya film pada SLR harus dicetak di laboratorium atau ruang gelap untuk cuci cetak foto negatif tersebut. Nantinya gambar tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu setelah di cuci cetak sebelum akhirnya bisa dipasang. Sedangkan untuk kamera DSLR, pencetakan gambar bisa dilakukan dengan cara teknik printing digital. Umumnya, proses cuci cetak lebih mahal dan waktu yang dipergunakan juga lebih lama dibandingkan dengan teknik digital printing.

Keempat adalah kelengkapan fitur dan tombol pada kamera. Kamera SLR dilengkapi dengan tombol dan fitur yang lebih sederhana sehingga mudah untuk dipergunakan. Sementara jenis kamera DSLR memiliki fitur dan tombol yang lebih kompleks. Pada kamera ini, Anda bisa menemui tombol diantaranya shutter, ISO, info, setting, flash ataupun tombol yang lainnya. Tombol-tombol tersebut bisa digunakan untuk menentukan pengaturan yang tepat yang sesuai dengan yang Anda inginkan sehingga bisa digunakan untuk menangkap gambar dengan tepat. Jadi, dari perbedaan tersebut, Anda bisa menambah wawasan mengenai kamera yang dipergunakan untuk mengambil gambar misalnya gambar saat acara keluarga Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *