Hindari Salah Pilih, Kenali Jenis Umum Lensa Kamera

Kamera memiliki 2 komponen utama yaitu body dan lensa. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan karena jika salah satunya tidak diperhatikan, maka kamera tidak dapat bekerja secara maksimal. Bagian lensa kamera menjadi bagian penting sebab memegang peran utama dalam hal pengaturan cahaya serta penentu kualitas gambar. Untuk menghasilkan gambar sesuai harapan, tak jarang sebuah kamera menggunakan lensa yang berbeda-beda.

Hindari Salah Pilih, Kenali Jenis Umum Lensa Kamera

Ada banyak jenis lensa kamera yang memang disesuaikan untuk berbagai kebutuhan tertentu. Dengan pemilihan lensa yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, maka gambar yang dihasilkan pun bisa sesuai harapan. Sebaliknya, apabila salah dalam memilih lensa, jangankan memotret, kita bahkan tidak bisa melihat obyek dengan jelas. Disinilah pentingnya memiliki pemahaman tentang jenis lensa untuk emnunjang aktifitas fotografi.

Jenis lensa kamera secara umum

Dalam dunia fotografi, lensa yang dipakai secara garis besar dibedakan menjadi 2 macam yaitu lensa fix dan lensa zoom, dimana kedua lensa ini mempunyai keunikan tersendiri, antara lain

  1. Lensa Kamera Fix

Lensa fix (lensa tetap) menggunakan jarak fokal yang tidak bisa diubah. Anda hanya bisa menggunakan kamera melalui fokal lensa yang telah tertulis pada bagian body lensa itu. Contohnya, apabila Anda mempunyai lensa fix 50mm, artinya Anda tidak dapat memotret landscape atau ingin mendapatkan sudut pandang dengan luas yang sama dari lensa 18mm, walau Anda sudah mundur cukup jauh, hasil fotonya tidak akan sama.

Kelebihan dari lensa fix adalah kualitas gambar yang rata-rata masih lebih baik dibanding menggunakan lensa zoom dengan kisaran harga yang sama. Hal ini karena lensa zoom dibuat dengan struktur lensa yang rumit, sehingga jumlah elemen pada lensa kamera zoom menjadi lebih banyak. Otomatis, cahaya yang harus menerobos banyak elemen akan menurun serta berdampak langsung kepada kualitas gambar. Selain kualitas, harga lensa kamera fix juga relatif lebih murah dengan body lensa yang ringan dengan bukaan maksimum yang besar (f/1.8 – 1.2).

Sementara kekurangan dri lensa ini adalah tidak mendukung zoom, dimana Anda harus bergerak maju atau muncur untuk mendapatkan komposisi gambar yang sesuai.

  1. Lensa Kamera Zoom

Lensa zoom adalah lensa dengan panjang fokal lensa yang bisa diubah. Umumnya panjang fokal dari lensa kit mulai dari 18mm sampai 55mm. Untuk kelebihan utama dari lensa zoom yaitu fleksibilitas yang dimiliki hanya dari 1 lensa saja. Anda tidak harus berganti lensa untuk mendapatkan jarak fokal lensa sesuai keinginan. Bila ingin memotret dalam fokal lensa yang lebar, cukup berali ke rentang 18mm. Sedangkan jika ingin mengambil gambar menggunakan jarak fokal tele, cukup geser ke posisi 55mm.

Baca juga Inilah Kelebihan dari Lensa Canon Jika Dibandingkan dengan yang Lainnya

Kedua jenis umum dari lensa kamera ini masih bersifat sangat mendasar dimana nantinya masih ada sangat banyak lagi tipe lensa yang dapat dipilih untuk hasil foto dengan ciri khas tertentu. Mengetahui jenis umum ini sangat penting untuk memulai lensa jenis apa yang sedang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *