Harga SLR dan DSLR Berbeda, Lalu Bagaimana dengan Kualitasnya?

SLR dan DSLR jenis kamera yang familiar dan terkenal di kalangan umat manusia saat ini. Perbedaan kamera SLR dengan kamera DSLR cukup membingungkan bagi beberapa manusia. Kamera SLR adalah jenis kamera yang mempunyai single lens reflection. Kamera ini menggunakan jalur tunggal agar menangkap cahaya ke dalam dua tempat pada viewfinder dan foacal plane. Biasanya teknik ini, para fotografer mampu melihat objek di kamera persis seperti yang asli. Berbeda dengan non SLR lainnya. foto yang ditampilkan oleh viewfinder, berbeda dengan yang ditangkap. Karena memiliki jajaran lensa berganda. Harga SLR pun tak beda jauh dengan harga kamera DSLR.

 

Kamera SLR sebenarnya dapat menggunakan pentaprisma yang ditempatkan di jalur optical melewati sebuah lempengan film. Fungsi benda ini untuk memantulkan cahaya beberapa kali sehingga dapat mengenai jendela bidikan. Ketika tombol ditekan, cahaya dapat langsung mengenai film. Biasanya media yang dipakai untuk menyimpan ada 35 mm atau analog dan tidak memerlukan prosesor digital maupun kompresi data. Jadi data dalam bentuk gambar, langsung dapat dilihat hasilnya. Melalui layar kaya.

Baca Juga:  Harga Kamera Xiaomi Terbaru dengan Aksi Kameha-meha “Yi Action”

Sedangkan kamera DSLR atau disebut dengan digital single lens felex bekerja dalam mode sistem digital saat cahaya telah masuk dan di capture oleh objek foto yang diperoleh dari image sensor. Pengerjaan ini langsung dicatat oleh memory card. Kamera ini juga memiliki banyak tombol dibandingkan dengan kamera SLR. Pilihan white and balance, resolusi, dan ISO lebih bervarian daripada kamera SLR. Harga SLR dan DSLR berbeda karena, DSLR dengan slot memory card untuk menyimpan memory card yang lebih dari satu membuatnya lebih mahal.

 

Selain itu kamera DSLR telah memiliki sistem yang modern. Tidak lagi menggunakan cara analog atau gulungan film. Karena memory card yang ada sudah segera menyimpan hasil jepretan foto yang telah ditangkap. Apabila penangkapan foto tidak sesuai harapan, dapat segera dihapus. Ini juga merupakan efisiensi yang diberikan oleh DSLR. Dan tentu tidak menghabiskan gulungan rol seperti cara tradisional.

 

Editan foto dapat dilakukan sebelum proses pencetakan foto. Memory card hanya perlu di pasangkan di dalam komputer untuk menampilkan hasil gambar yang ada. Kemudian printer yang telah aktif dan disambungkan dengan komputer, akan menghasilkan cetakan. Disini biasanya proses pengeditan terjadi. Cahaya yang kurang cerah, penambahan animasi, ataupun tema yang disesuaikan dengan background bisa diubah terlebih dahulu. Karena jika hanya mencetak foto langsung, foto kurang memuaskan pihak pelanggan atau pribadi.

 

Harga SLR yang berbeda dibandingkan dengan kamera DSLR memang dipengaruhi oleh banyak faktor yang ada. Desain, kepraktisan, model juga faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan ini. Kamera SLR tentunya tidak semudah dan sepraktis yang dimiliki oleh kamera DSLR. Kamera DSLR lebih praktis sebab dapat menampilkan hasil potretan secara langsung. Selain itu kualitas gambar yang di hasilkan juga berbeda. Perangkat lunak yang ditambahkan, dapat merubah hasil potretan. Walaupun pada dasarnya kedua kamera ini sama dalam sistem kerja mengambil gambar. Kedua kamera telah menggunakan single lens atau lensa tunggal dalam membidik melalui viewinder dan memperlihatkan hasil yang dibidik dengan menggunakan image sensor yang ada pada DSLR maupun SLR. Karena keduanya mengandalkan hasil kerja dari pantulan yang di peroleh dari kaca pantul di dalam kamera. Jika ingin membeli produk kamera yang diinginkan baik SLR maupun DSLR. Sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu review-review yang ada. Sehingga varian yang disediakan oleh para penjual, tak membingungkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *