Harga Lensa Kamera dan Jenisnya untuk Jenis DSLR

DSLR menjadi salah satu kamera impian bagi sebagian orang walaupun jenis kamera DSLR yang dimiliki adalah kamera untuk pemula. Dengan hasil yang lebih tajam membuat kamera ini semakin banyak dicari oleh orang yang menggemari fotografi. Namun, untuk memaksimalkan fungsi dari kamera tersebut, dibutuhkan lensa yang pas. Ada beberapa jenis lensa yang bisa Anda gunakan namun pertimbangkan pula dengan harga lensa kamera yang berkisar satu jutaan ke atas.

Harga Lensa Kamera dan Jenisnya untuk Jenis DSLR

Pertama adalah lensa kit. Jenis lensa ini adalah lensa standar bawaan saat anda membeli kamera dengan besar focal length yang umumnya adalah 18-55 mm. Lensa ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan umumnya mempunyai variable apertures untuk bukaan diafragma yang akan berubah sesuai dengan jangkauan zoom yang dipergunakan. Jenis lensa ini sangat cocok untuk anda yang baru belajar fotografi.

Kedua adalah lensa tele. Lensa telephoto ini memiliki harga lensa kamera yang sangat mahal yaitu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Lensa ini dipergunakan untuk mengambil gambar yang membutuhkan zoom yang besar misalnya untuk fotografi alam liar. Jenis lensa ini mempunyai variasi focal length, diafragma dan yang lainnya. Walaupun bisa mengambil gambar dengan jangkauan yang lebih luas namun, jenis lensa ini cukup berat sehingga bagi sebagian orang akan merasakan kesusahan apalagi jika harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan waktu yang singkat.

Ketiga adalah macro lens. Jenis lensa untuk kamera ini memungkinkan anda untuk bisa mengambil gambar dengan lebih detail dan secara close up misalnya mengambil gambar tetesan embun yang ada di atas daun. Jenis lensa ini akan sangat membantu untuk anda yang ingin serius dalam fotografi jarak dekat dan kehidupan alam. Harga dari jenis lensa kamera ini adalah sekitar 5-6 jutaan rupiah dan ada yang harganya di atas ataupun di bawah 5-6 jutaan.

Baca juga: Ini Adalah Beberapa Lensa Kamera Terbaik Untuk Kamera DSLR

Jenis lensa kamera lainnya yang memiliki harga lensa kamera yang bervariasi yang pas untuk DSLR Anda yaitu:

  • Fixed atau prime lensa. Lensa yang memiliki 1 focal length ini tidak memiliki kemampuan zooming sehingga anda harus bergerak maju dan mundur untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Namun, keunggulannya, jenis kamera ini memungkinkan Anda untuk lebih bisa berkreasi dengan memanfaatkan bukaan diafragma yang cukup besar sehingga DOF juga akan sempit dan fokus atau objek bidik menjadi lebih menonjol. Karena hal tersebut lensa ini cocok untuk portrait photography.
  • Wide angle lens untuk mengambil gambar yang memiliki sudut pandang yang sangat luas dan lensa ini cocok untuk travel and landscape photography.
  • Fisheye lens. Walaupun tidak banyak dipergunakan namun ada fotografer yang menggunakan lensa ini untuk hasil gambar yang cembung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *