Harga Kamera Pocket dan Plus Minus Saku Camera

 Kamera kini menjadi salah satu alat elektronik yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini, apalagi setelah mirrorless keluar, kamera semakin banyak digandrungi dan salah satunya adalah kamera saku atau pocket camera. Harga kamera pocket ini lebih murah dibandingkan dengan DSLR namun untuk jenis tertentu, harga kamera saku bisa lebih mahal bahkan sama mahalnya dengan kamera DSLR profesional.

 Harga Kamera Pocket dan Plus Minus Saku Camera

Ada plus minus yang harus anda ketahui sebelum Anda memilih dan membeli kamera saku. Keunggulan pertama adalah ukurannya yang kecil. Dengan ukuran yang kecil, memungkinkan anda untuk bisa menyimpan kamera tersebut dengan lebih mudah misalnya menyimpannya di tas kecil ataupun di saku celana atau rok Anda. Dengan ukuran yang kecil tersebut memungkinkan Anda untuk bisa mengambil gambar kapan saja dan dimana saja lebih cepat dibandingkan DSRL yang umumnya akan disimpan ke tas sebelum dipergunakan sedangkan kamera saku bisa disimpan langsung di saku Anda.

Kedua adalah punya sensor yang ukurannya lebih kecil. Ukuran yang lebih kecil tidak hanya ukuran fisiknya namun juga ukuran sensor sehingga harga kamera pocket akan lebih murah dibandingkan dengan DSLR. Kamera pocket memiliki kedalaman ruang atau DOF yang besar yang akan memungkinkan Anda untuk mengambil gambar yang cukup tajam dari ujung gambar yang satu ke yang lain.

Ketiga adalah harga yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan jenis kamera DSLR yang memiliki harga minimal 4 jutaan untuk kamera kit pemula, kamera pocket memiliki harga yang bisa 4x lebih murah. Umumnya, harga kamera saku ini adalah sekitar 1 jutaan rupiah. Namun, harga kamera saku tersebut akan semakin mahal sebanding dengan teknologi yang dipergunakan dan juga kualitas dari kamera tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Akan tetapi, selain karena harga kamera pocket yang bisa lebih mahal dari DSLR, kamera saku juga memiliki kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya yaitu: 

  • Memiliki autofocus yang lembar terutama jika anda hendak membidik gambar yang bergerak. Akan tetapi kelemahan ini bisa diatasi dengan menggunakan manual focus dan bukaan kecil untuk mengambil gambar yang cepat.
  • Kualitas gambar kurang bersih. Hal ini disebabkan karena kamera saku memiliki ISO yang tidak setinggi dan serendah range ISO yang dimiliki kamera DSLR. Iso kamera saku yang rendah agar bagus dipergunakan adalah berkisar antara 200-400. Jika lebih dari itu, kualitas foto yang dimiliki akan berkurang sehingga gambar menjadi lebih rentan kabur atau tidak fokus.
  • Kualitas range pencahayaan yang kurang bagus sehingga terkadang Anda mendapatkan gambar yang terlalu terang dan kadang terlalu gelap. Cara untuk mengatasi kelemahan ini adalah dengan menggunakan teknik HDR ataupun menggunakan tripod.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *