Hal yang Wajib Diketahui tentang Kamera Mirrorless

Bagi orang yang berkecimpung di bidang fotografi, nama kamera mirrorless mungkin memang sudah tak asing lagi. Namun, bagi para pemula di bidang ini tentunya harus paham mirrorless camera itu apa, dan apa bedanya dengan kamera DSLR.

Mirrorless Interchangeable-Lens Camera merupakan jenis kamera yang mempunyai cara kerja hampir serupa dengan kamera DSLR, namun, pada kamera ini, tidak menggunakan pentaprisma atau cermin seperti yang ada pada DSLR, oleh karena itu disebut dengan mirrorless. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui tentang mirrorless kamera bagi para pemula:

  1. Ukuran Lebih Kecil dan Ringan

Secara umum, ukuran kamera mirrorless lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR, oleh karena itu bobotnya pun lebih ringan. Meski begitu, ada beberapa jenis mirrorless yang lebih berat atau bobotnya sama dengan DSLR, hal ini karena pengaruh lensanya. Meski begitu, tetap mayoritas mirrorless lebih ringan daripada DSLR.

  1. Autofokus Lebih Lambat

Untuk mirrorless keluaran lama, autofokus memang cenderung lambat jika dibandingkan dengan kamera DSLR, akan tetapi saat ini tidak lagi menjadi masalah, meski masih kalah cepat dibandingkan DSLR pada kecepatan autofokus saat mengikuti benda yang bergerak. Akan tetapi, untuk autofokus statis, beberapa jenis mirrorless memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DSLR.

  1. Kualitas Foto Mirrorless Sebanding dengan DSLR

Apabila menggunakan ukuran sensor yang sama, kualitas foto mirrorless memang terbilang sebanding, misalnya pada kamera Sony A6000 dan Nikon D7100 yang hasil serta kualitas fotonya tidak jauh beda.

  1. Dapat Menggunakan Lensa Manual

Dengan adapter yang tepat, serta jarak antara lensa dan sensor yang sangat pendek, mirrorless dapat menggunakan jenis lensa manual apapun.

  1. Pilihan Lensa Mirrorless Masih Sedikit

Lensa Mirrorless terbilang masih sedikit jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Namun, tak perlu khawatir, karena unuk panasonic dan olympus memiliki beberapa variasi lensa yang cukup banyak, dan untuk Fuji pun memiliki jenis lensa prime yang bagus.

  1. Shutter Mirrorless Lebih Fleksibel dan Silent

Ketika memotret, tak ada suara pergerakan mirror, hal ini tentunya menjadikan suara kamera tidak berisik dan lebih tenang ketika memotret. Untuk beberapa mirrorless keluaran baru, ada juga yang memiliki shutter elektronik sehingga ketika shutter ditekan tidak menimbulkan suara serta kecepatannya dapat mencapai hingga 1/32000 detik, akan tetapi dengan efek samping adanya jello efek.

  1. Baterai Mirrorless Lebih Boros

Banyak yang mengatakan jika baterai mirrorless lebih boros dibandingkan dengan DSLR, hal ini dikarenakan mirrorless membutuhkan daya lebih besar dari sensor ke LCD untuk live view. Sedangkan pada DSLR hanya cukup menggunakan optical view finder yang tak membutuhkan daya, namun jika DSLR juga menggunakan mode live view, kemampuan baterainya pun tetap boros.

Itulah 7 hal yang wajib diketahui tentang kamera mirrorless. Jika dibandingkan DSLR, kamera ini cenderung lebih murah dan mudah penggunaannya dibandingkan dengan DSLR, oleh karena itu kamera ini bisa dikatakan cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang teknik fotografi.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *