Fakta Mengenai Kamera Polaroid yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

Bagi Anda yang senang dengan fotografi praktis atau gaya-gaya klasik pastinya tak begitu asing lagi dengan istilah kamera polaroid bukan, ini adalah salah satu kamera generasi lama yang masih populer hingga saat ini di pasaran. Produknya tak hanya mampu digunakan untuk mengabadikan gambar saja, melainkan juga secara langsung menghasilkan gambar hasil jepretan tersebut dalam bentuk foto. Itulah mengapa banyak juga yang mengenalnya sebagai kamera instan.

Fakta Mengenai Kamera Polaroid yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

Umumnya produk yang satu ini dijual di pasaran dengan kisaran harga murah, tergantung dari merknya sendiri, namun konsumen sudah bisa memilikinya berbekal uang ratusan ribu rupiah, sampai yang paling mahal 2 jutaan rupiah saja. Berkali-kali lipat jauh lebih murah dibandingkan dengan produk kamera DSLR atau mirrorless. Itulah yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk memburunya. Produk yang sangat praktis juga memudahkannya untuk membawa kamera ini kemana-mana untuk menemani hunting foto atau travelling.

Adapun beberapa fakta mengenai kamera polaroid ini yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Hasil jepretan gelap, sulit untuk mendapatkan hasil jepretan yang cerah, apalagi bagi yang masih pemula dalam menggunakan jenis kamera ini, biasanya sangat kesulitan mendapatkan foto yang terang, patut untuk diketahui bahwa daya atau pencahayaan kurang, kamera jenis ini membutuhkan cahaya masuk yang besar untuk bisa dipakai abadikan gambar, sehingga tidak boleh sembarangan dalam menangkap gambar.
  2. Sinar matahari, sinar matahari menjadi sahabat setia dalam menjepret menggunakan polaroid, namun juga harus diketahui waktu paling tepat mengabadikan gambar dengan mengandalkan cahaya matahari ini. Setelah menjepret gambar, agar hasil jepretan aman, secara langsung jauhkan dari sinar matahari sekitar 30 menit, untuk dapatkan hasil sempurna.
  3. Lampu indikator, lampu ini pada polaroid memiliki fungsi yang sangat penting untuk menandai fokus, ketika nyala lampu masih merah, bisa dikatakan fokus obyek belum bagus, sehingga jangan asal menjepret, nantinya hasil gambar akan blur, namun jika lampu indikator sudah tidak menunjukkan warna merah, maka fokus obyek sudah terkunci sempurna, bisa langsung dijepret.
  4. Biaya penggunaannya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga belinya, faktanya yang paling mahal dari kamera ini bukan harga produk aslinya, melainkan adalah biaya dalam menggunakannya. Bagaimana tidak untuk kertas cetak yang digunakan dalam setiap jepretan ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan kertas cetak foto pada umumnya, jadi semakin sering digunakan, pengeluaran juga kian tinggi.

Baca juga Simpel, Begini Cara Merawat Kamera Polaroid

Itulah beberapa fakta mengenai kamera polaroid yang harus diketahui, tampilannya klasik dengan hasil pengabadian gambar praktis langsung cetak, namun di satu sisi juga ada beberapa kelemahannya. Kamera semacam ini memang paling cocok digunakan untuk menemani aktivitas travelling Anda.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *