Cek Kembali Perawatan Kamera Mirrorless Anda Apakah Sudah Tepat?

Bagi beberapa orang memang kamera saat ini menjadi barang yang penting dalam setiap momentnya, walaupun sudah banyak smartphone yang dibekali dengan kamera terbaiknya. Beberapa waktu yang lalu jenis kamera mirrorless rupanya menjadi produk unggulan dari sekian banyaknya tipe kamera yang ada. Mungkin Anda adalah termasuk orang yang rela menjual model kamera lama untuk mengikuti tren perkembangan kamera yang sedang populer tersebut. Jika berbicara mengenai mirrorless dan juga DSLR pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling tepat untuk digunakan dalam berbagai moment liburan ataupun hanya sebagai keseharian.

Sebagus apapun jenis mirrorless Anda tetapi jika tidak dilakukan perawatan dengan baik pasti tidak akan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Makanya itu sangat penting untuk Anda mencari informasi perawatannya juga ketika membeli. Bagi Anda yang belum paham, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan perawatan kamera secara tepat yaitu:

Cek Kembali Perawatan Kamera Mirrorless Anda Apakah Sudah Tepat

  • Perhatikan suhu penyimpanan.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara tropis dan sangat tidak menentu. Beberapa merk kamera pasti akan memberikan petunjuk bahwa penyimpanan pada suhu tertentu, hal ini dilihat supaya tidak menimbulkan beberapa hal yang dapat merusak kamera Anda seperti jamur dan lainnya.

  • Cara pembersihan yang tepat.

Sebelum menyimpan kembali dan setelah digunakan ada baiknya Anda bersihkan terlebih dahulu setiap bagiannya supaya tidak mengalami kerusakan. Debu dan kotoran lain yang menempel pada kamera mirrorless Anda sangat berpotensi menimbulkan bakteri atau jamur tumbuh. Dari mulai lensa, body ataupun bagian lainnya bisa dilakukan pembersihan secara tepat dan sesuai.

  • Hindarkan dari air.

Dipasaran banyak sekali jenis kamera dengan berbagai kelebihannya, jika Anda akan menggunakan kamera dalam air saat berenang pastinya mirrorless tidak mumpuni. Terkadang terkena air ataupun cairan pada kamera tanpa sengaja saja bisa menimbulkan masalah yang berarti pada kamera.

  • Rutin digunakan.

Seperti halnya motor ataupun mobil yang wajib Anda gunakan setiap harinya, minimal melakukan pemanasan. Hal itu pula yang disarankan pada sebuah kamera supaya mempunyai masa pakai yang lebih lama dan kinerja tetap bagus dan stabil. Lakukan pengambilan gambar minimal satu minggu sekali dengan pengaturan atau penggunaan tombol-tombol yang ada.

Baca juga Mengulas Tentang Kelebihan yang Dimiliki Oleh Kamera Mirrorless

Walaupun pada dasarnya sebuah kamera bukan kebutuhan pokok, tetapi tidak dipungkiri juga keberadaannya sangat penting apalagi untuk masyarakat modern seperti sekarang ini. Tetapi dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa yang penting itu bukan saja dalam pemilihan jenis kamera mirrorless yang tepat saja tetapi juga cara perawatan yang sesuai. Dengan begitu pastinya Anda akan mempunyai kamera yang dapat digunakan dalam waktu lebih lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *