Cara Service Kamera Rusak Apabila Lensa Tidak Mau Masuk

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai service kamera yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Perlu kalian ketahui bahwa sekarang ini sudah banyak sekali jenis kamera yang telah diciptakan. Karena memang kamera merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam hidup seseorang. Jadi tidak heran apabila sekarang ini kamera merupakan salah satu alat yang banyak dimiliki oleh seseorang.

Cara Service Kamera Rusak Apabila Lensa Tidak Mau Masuk

Beberapa jenis kamera yang saat ini tersedia di pasaran seperti kamera DSLR, gopro, action cam, kamera mirrorless dan yang lainnya. namun yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah kamera jenis DSLR. Karena memang perlu kalian ketahui bahwa kamera DSLR ini bisa digunakan untuk melatih kreatiifitas karena memang kamera ini memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan untuk mengambil gambar dari berbagai enggle.

Kamera DSLR ini biasanya dilengkapi dengan berbagaia lensa yang bisa digunakan untuk menghasilkan gambar terbbaik. Namun tahukah kalian bahwa terkadang apabila kalian tidak rutin merawat dan membersihkan lensa pada kamera DSLR yang kalian miliki maka lensa kamera kalian akan terancam bahaya rusak. Kerusakan yang biasa dialami oleh lensa pada kamera kalian adalah lensa rusak atau lensa macet.

Namun sekarang ini kalian tidak perlu kawatir apabila lensa kamera kalian mengalami macet maka kalian bisa service kamera sendiri dirumah tanpa harus di bawa ke tempat servis kamera. Biasanya lensa kamera mengalami macet disebabkan oleh debu dan bagi kalian yang mengalami masalah tersebut maka berikutn ini akan saya berikan tips cara menservis kamera sendiri di rumah.

  1. Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencabut baterai ketika kamera masih menyala. Karena apabila kalian mencabut baterai pada kondisi kamera mati maka lensa akan masuk ke bagian dalam kamera.
  2. Langkah kedua yang bisa kalian lakukan adalah setelah kalian mencabut baterai dalam kondisi menyala adalah menggoyang goyangkan lensa. Yang perlu kalian ingat adalah jangan pernah memaksakan menarik keluar lensa kamera kalian. cara memperbaikinya cukup dengan menggoyang goyangkan kamera agar kotoran dan juga debu yang menempel pada lensa bisa keluar.
  3. Kalian juga bisa membersihkan lensa kamera kalian dengan cara menggunakan alat semacam semprotan bertekanan untuk membersihkan sela sela lensa. Perlu kalian ingat bahwa ketika kalian membersihkan lensa terssebut kalian harusb melakukannya secara perlahan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Apabila lensa kalian mengalami kemacetan atau kerusakan lain maka kalian bisa menerapkan beberapa  tips tadi untuk memperbaiki lensa kamera kalian. demikian itu tadi beberapa ulasan seputar service kamera yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang telah saya sampaikan tadi bisa bermanfaat untuk kalian semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *