Cara Pintar untuk Menjaga Memory Kamera Agar Tidak Mengalami Kerusakan dan Cepat Habis

Kamera memang tidak dapat dipisahkan dari hal-hal penting lainnya seperti pada aksesorisnya. Sedangkan aksesoris pada kamera pun juga memiliki banyak macam dan ragam, salah satunya yaitu pada memory kamera yang mana pada aksesoris kamera yang satu ini memiliki fungsi untuk menyimpan segala gambar yang nantinya akan diambil atau di potret, sehingga jika memory sering penuh merupakan suatu hal yang bisa di katakan sangatlah wajar.

Tidak jarang diantara para pemilik atau pengguna kamera yang mengeluhkan karena memory pada kamera sering mengalami habis atau penuh, sedangkan untuk menghapus hasil jepretan atau gambar pun tidak mungkin untuk dilakukan, oleh sebab itulah maka kamu harus mengetahui dalam hal merawat kartu memory pada kamera agar tidak cepat habis serta dapat menyimpan gambar dalam jumlah yang sangat banyak.

Berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga memory kamera agar tidak mengalami kerusakan atau kehabisan ruang:

Baca juga: Peran Memori Kamera untuk Penyimpanan Data dan Foto

  1. Ketika ingin mentransfer gambar dari kamera ke komputer, maka gunakan card reader.
  2. Pindahkan kartu memory dengan cara yang aman, dengan cara mengikuti segala prosedur yang sesuai dengan aturan.
  3. Jangan mematikan lampu indikator pada kamera kamu pada saat piranti kamu melakukan buffering image, hal ini ditandai dengan lampu indikatornya menyala, jika hal ini kamu paksakan, maka foto yang ada di memory akan dapat hilang.
  4. Hindari terkena air.
  5. Formatlah kartu memory dengan cara berkala.
  6. Gunakan kartu memory cadangan, jangan hanya menggunakan kartu memory saja.
  7. Jika kartu memory sudah penuh, maka jangan untuk memaksakan.
  8. Update lah kartu memory yang sudah lama atau gantilah kartu memory dengan yang baru.

Selain ke 8 cara yang ada di atas, maka kamu pun dapat mengetahui beberapa hal penyebab dari kartu memory mengalami kerusakan, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Adanya pada pengaruh medan magnet yang sangat kuat.
  2. Terjadinya kerusakan fisik yang disebabkan karena kesalahan pada saat memasukan atau mencabut kartu memory pada slot memori.
  3. Mengalami panas yang berlebihan.
  4. Akibat seringnya melakukan pergantian pada kartu memory, misalnya dari kamera digital lalu di pindahkan ke handphone dan dipindahkan lagi pada perangkat lainnya. Sehingga hindari hal seperti ini.

Pada kerusakan kamera yang semacam ini biasanya dinamakan corrupt yang mana hal ini terjadi karena rusaknya pada system file dan bukan pada kerusakan fisik yang mana hal ini pada memory kamera tidak terdeteksi meskipun terdeteksi, namun tidak dapat untuk di buka dengan begitu untuk menghindari kerusakan serta yang menyebabkan kartu memory cepat habis, maka lakukan beberapa hal seperti yang ada di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *