Cara Perawatan Kamera DSLR yang Baik dan Benar

Ibarat senapan, kamera merupakan senjata bagi para fotografer. Kamera tentunya memiliki arti penting bagi fotografer karena bagi mereka kamera sudah seperti belahan jiwa. Oleh karena itu, perawatan kamera DSLR pun tidak boleh sembarangan agar kamera DSLR tetap awet dan terjaga kualitasnya. Berikut ini adalah cara merawat kamera DSLR yang baik dan benar agar kamera DSLR tidak cepat rusak:

  1. Gunakan Tas Khusus

Perawatan kamera DSLR tidak boleh sembarangan dan harus benar-benar diperhatikan. Simpan kamera DSLR pada tas khusus agar lebih aman. Tas khusus DSLR ini juga lebih efisien karena memang dirancang khusus untuk DSLR agar tahan dari segala guncangan. Biasanya, pada tas khusus ini juga tersedia ruang khusus untuk menyimpan perlengkapan fotografi lainnya, seperti charger, filter, lensa cadangan, serta beragam peralatan fotografi lainnya.  Jangan menyimpan kamera DSLR dan perlengkapan fotografi lainnya di dalam tas ransel biasa, apalagi keika melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat atau kereta api, karena hal ini bisa membuat kamera DSLR tergesek atau tergores benda-benda lainnya.

  1. Pasang Screen Protector pada LCD

LCD kamera merupakan salah satu bagian paling penting pada kamera DSLR, oleh karena itu perlu dilindungi dengan baik. Caranya adalah dengan memasang screen protector untuk menjaga LCD agar tidak tergores secara permanen. Apabila screen protector sudah kotor, segera ganti dengan screen protector yang baru. Adanya screen protector ini tentunya akan membuat preview lebih jelas sehingga foto yang dihasilkan semakin berkualitas.

  1. Pasang Lens Cap saat Kamera Tidak Digunakan

Apabila kamera sedang tidak digunakan, sebaiknya pasang lens cap untuk melindungi lensa dari debu dan kotoran yang dapat merusak lensa. Selain itu, lens cap juga melindungi lensa agar pecah atau rusak karena terkena benturan. Pastikan mempunyai lens cap cadangan ketika dalam perjalanan, bentuk dan ukuran lens cap yang kecil membuat benda ini mudah hilang, oleh karena itu perlu disiapkan cadangannya.

  1. Gunakan Filter Pelindung Lensa

Perlengkapan untuk melindungi lensa lainnya adalah dengan menggunakan UV Filter. Penggunaan UV Filter ini tidak akan memberikan pengaruh terhadap hasil foto, selain itu juga memudahkan pemilik kamera untuk membersihkan debu. Cara membersihkan filter pun cukup mudah, hanya dengan mengusapnya menggunakan kain bersih. Selain itu, dengan penggunaan filter, tak perlu khawatir ketika membiarkan kamera tanpa lens cap, asalkan durasinya tidak terlalu lama.

  1. Gunakan Lens Hood

Lens hood selain berguna untuk membuat kamera lebih keren seperti layaknya profesional, juga agar cahaya yang masuk ke dalam kamera tidak berlebihan, karena cahaya yang berlebih dapat merusak sensor kamera. Oleh karena itu, apabila matahari sedang bersinar terik, maka lens hood harus dipasang pada kamera DSLR.

Itulah beberapa cara perawatan kamera yang harus diketahui serta dilakukan. Hal ini untuk menjaga kamera agar tetap berkualitas baik dan tidak mudah rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *