Cara Perawatan Kamera Digital Untuk Pemula

Perawatan Kamera – Bagi para pencinta fotografi, sebuah kamera adalah benda yang harus dijaga dan dirawat. Karena keseriusan seorang fotografi bukanlah ketika ia pandai mengambil objek gambar, melainkan ketika ia  juga serius dan rajin dalam merawat segala macam perlengkapan kameranya termasuk kamera itu sendiri.

Bagi para pencinta fotografi pemula, Anda juga harus memahami betapa pentingnya menjaga dan merawat keutuhan kamera Anda, agar kamera Anda selalu siap sedia kapanpun digunakan, dan bisa memperpanjang usia kamera.  Karena kualitas kamera Anda ditentukan cara Anda melakukan perawatan kamera secara intens dan disiplin.

baca juga: Cara Perawatan Kamera DSLR yang Baik dan Benar

Di bawah ini kami akan bagikan informasi terkait cara perawatan kamera digital untuk pemula, yang bisa Anda jadikan rujukan dasar.

  • Bersihkan Lensa Kamera (1 minggu sekali)

Jangan lupa, sebagai fotografi pemula, kamera digital Anda harus dijaga perawatan lensanya, karena lensa adalah perangkat penting untuk menentukan kualitas gambar Anda. Untuk membersihkan lensa kamera digital sangatlah mudah, gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Serta bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko online atau toko kamera di kota Anda.

  • Hindari Goresan Kecil Pada Lensa Kamera

Sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanent di bagian depanya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (ultra violet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

  • Jauhkan Kontak  Langsung Paparan Sinar Matahari

Ini salah satu yang sering dilupakan oleh para fotografer pemula, saat sedang membawa kamera digital kesayangannya, seringnya kamera terkena paparan sinar matahari ketika diluar atau sedang kamera tidak digunakan. Karena kalau kamera terkena paparan sinar berlebihan maka kamera Anda lama kelamaan akan rusak.

  • Hindari  Kamera Anda Dari Air Laut

Kamera digital kadang tidak difungsikan untuk menahan air laut, karena jika kamera digital Anda terkenal air laut, maka kemungkinan besar akan menganggu komponen-komponen di dalam kamera digital kesayangan Anda. sebaiknya ketika hendak memotret laut, Anda harus menjaga jarak Anda dengan air laut atau ombak yang biasanya datang mendadak.  

  • Kamera Jangan Disimpan Di Dalam Lemari

Usahakan ketika kamera sedang tidak digunakan, Anda jangan menaruh kamera di dalam lemari. Karena hal tersebut akan membuat kamera digital Anda terkena jamur lemari.

  • Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Setelah kamera tidak digunakan untuk sementara waktu, Anda wajib membersihkan kamera digital Anda, dari debu dan kotoran secara berkala. Anda pun bisa menaruh kamera Anda di boks khusus perlengkapan kamera, agar terhindar dari kotoran dan debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *