Cara Penggunaan Tripod Kamera yang Benar

Tripod kamera merupakan salah satu aksesoris yang bisa menunjang aktifitas para fotografer ketika mengambil gambar. Penggunaan tripod ini bisa membuat penempatan kamera lebih stabil selain itu tripod juga bisa membuat hasil foto lebih jelas meski berada pada tempat atau ruangan yang minim cahaya.

Ada banyak merk serta model tripod kamera yang dijual di pasaran, akan tetapi cara memasangnya tetaplah sama, dan berikut ini adalah cara pemasangan dan penggunaan tripod yang benar.  

  1. Cek Tempat Pemasangan Tripod di Kamera

Untuk memasang tripod pada kamera cek dulu tempat pemasangan tripod yang ada pada bagian bawah kamera yang berupa sebuah lubang bernama tripod mount. Lubang ini berguna untuk memasukkan semacam baut. Ukuran lubang ini biasanya ¼ inchi. Apabila kamera tidak mempunyai tripod mount, bisa juga dengan menggunakan adapter khusus yang banyak dijual di pasaran.

  1. Lepaskan Piringan Kamera pada Tripod

Pada tripod biasanya ada bagian berupa piringan untuk menempatkan kamera. Agar pemasangan kamera pada tripod lebih mudah, maka piringan kamera ini bisa dilepaskan. Namun, apabila tetap ingin menggunakan piringan ini, maka harus pastikan terlebih dahulu piringan mempunyai lubang berukuran sama agar tidak goyang.

  1. Atur Kaki Tripod

Setelah tripod terpasang di kamera, letakkan tripod dan atur ketinggian kaki tripod sesuai dengan kebutuhan. Agar aman dan mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya atur kaki tripod terlebih dahulu sebelum memasang kamera.

  1. Pasang Kamera pada Tripod

Pasang kamera pada tripod dengan cara memutar kamera pada baut tripod. Putar hingga kamera terkunci sempurna pada tripod. Apabila kamera mempunyai mount tripod yang sama, hal ini akan mempermudah pemasangan. Saat pemasangan, harus hati-hati dan jangan memutar kamera terlalu keras agar tripod dan kamera tidak rusak.

Pada beberapa tripod kelas atas yang dijual di pasaran, terdapat tripod yang memiliki kaki serta kepala tripod yang terpisah. Ini adalah untuk mempermudah fotografer memilih serta menggunakan kepala tripod sesuai yang dibutuhkan.

  1. Pasang Kembali Piringan Kamera

Apabila piringan kamera dilepas, maka jangan lupa untuk memasangnya kembali.

  1. Gerakkan Kepala Tripod

Setelah kamera terpasang pada tripod, coba untuk menggerakkan kamera yang terpasang di kepala tripod ke arah kanan, kiri, atas, serta bawah. Ini untuk memastikan posisi kamera sudah tepat dan stabil.

Itulah cara penggunaan serta pemasangan tripod kamera yang benar. Apabila  menggunakan piringan kamera pada bagian bawah kepala tripod maka piringan kamera yang digunakan harus pas, apabila tidak pas dikhawatirkan kamera tidak stabil. Apabila tempat pemasangan tripod tidak stabil, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan tas kamera sebagai pemberat tripod agar tripod tidak bergeser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *