Cara Merawat Lensa Kamera

Lensa kamera merupakan salah satu komponen kamera digital yang penting sehingga butuh perawatan ekstra agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Lalu bagaimana cara merawat lensa untuk kamera ini?

  1. Jauhkan dari Air

Air adalah musuh utama untuk barang-barang elektronik, tak terkecuali untuk lensa kamera karena air dapat membuat kerusakan pada lensa. Apabila lensa anti air atau waterproof tentunya tak perlu dijauhkan dari air, namun jika lensa tidak anti air maka jangan sekali-kali terkena air.

  1. Jaga Kebersihan Lensa

Lensa harus dibersihkan secara rutin. Ketika membersihkan lensa, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa. Akan tetapi caranya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke lap microfiber terlebih dahulu baru kemudian diusapkan ke bagian lensa. Lap microfiber ini bisa didapatkan di toko kamera.

  1. Dry Box

Apabila ingin lensa awet dan tahan lama, sebaiknya gunakan kotak khusus atau dry box untuk menyimpan lensa agar kebersihan dan kondisinya awet dan tetap terjaga.

  1. Gunakan Capps Lensa

Apabila sedang tidak digunakan, jangan lupa untuk menutup lensa  menggunakan caps agar terlindung dari debu dan benda-benda yang bisa merusak lensa.

  1. Pasang Filter

Bagi yang menyukai fotografi yang butuh kecepatan untuk mendokumentasikan suatu momen seperti pertandingan sepakbola, maka sebaiknya menggunakan filter pada ujung lensa. Ada banyak filter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, akan tetapi banyak pula fotografer yang memakai filter UV karena bersifat netral. Selain bisa memberikan efek tertentu, penggunaan filter juga bisa melindungi optik lensa dari benturan serta debu.

Baca juga: INI DIA HARGA ELEKTRONIK AKHIR TAHUN UNTUK KAMERA DSLR DAN LAPTOP

  1. Hindari Kontak Langsung dengan Tangan

Jangan menyentuh lensa pada bagian optik menggunakan jari atau tangan secara langsung, apalagi jika jari atau tangan dalam keadaan lembab dan basah. Karena bekas sentuhan jari bisa meninggalkan noda dan menjadi penyebab datangnya jamur.

  1. Hindari Pergantian Suhu Ekstrim

Apabila kerap beraktifitas fotografi di tempat-tempat dengan cuaca yang ekstrim, seperti digunung yang dingin, atau gurun yang panas karena akan terjadi pergantian suhu secara ekstrim yang akan menerpa lensa. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kotak khusus atau dry box sehingga akan mencegah kamera dari kelembaban udara yang berlebihan. Udara yang lembab akan menimbulkan jamur di bagian optik lensa.

  1. Matikan Tombol AF dan VR

Jika lensa sedang tidak digunakan dan disimpan di tas kamera atau lemari penyimpanan, jangan lupa untuk mengubah pengaturan lensa dari mode AF (Autofocus) ke mode M (Manual) termasuk juga mode VR (Vibration Reduction). Kenapa harus ada pengubahan mode? Hal ini agar kinerja motorik dalam lensa tidak rusak karena adanya benturan atau getaran saat disimpan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam perawatan lensa kamera agar tetap awet dan tahan lama. Dengan menjaga kondisi lensa, maka juga akan menjaga kualitas foto yang diabadikan menggunakan lensa tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *