Cara Mengecek Jamur Lensa Pada Kamera DSLR Dengan Mudah

Kali ini kita akan membahas mengenai jamur lensa jadi bagi kalian yang sekarang ini sedang memiliki kamera maka tidak ada salahnya apabila  kalian membaca artikel ini sampai selesai. sekarang ini dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju membuat banyak sekali jenis kamera yang diciptakan. Beberapa kamera yang telah diciptakan dan di jual dipasaran seperti kamera DSLR, kamera gopro, kamera action, kamera mirorless dan masih banyak lagi.

Cara Mengecek Jamur Lensa Pada Kamera DSLR Dengan Mudah

Kamera sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengambil gambar guna untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam hidup seseorang. Jadi dengan fungsinya yang sangat penting tersebut tidak heran apabila sekarang ini banyak orang yanag menggunakan kamera. Salah satu jenis kamera yang banyak digunakan oleh masyarakat adlaah kamera DSLR. Dimana kamera DSLR ini biasanya menggunakan bantuan lensa lensa untuk mendapatkan gambar yang diinginkan.

Namun tahukah kalian bahwa kamera DSLR ini juga bisa terancam terkena bahaya jamur lensa. Karena memang pada tahapan tertentu lensa yang kalian gunakan bisa ditumbuhi jamur dan hal tersebut akan membuat kineerja lensa menjadi kurang maksimal. Salah satu efek dari adanya jamur lensa adalah kamera menjadi susuah fokus ketika digunakan atau fitur auto focus yang terdapat pada kamera menjadi lebh lambat.

Selain itu ketika terdapat jamur pada lensa yang kalian gunakan maka hasil foto akan terlihat kurang tajam dan juga hasil jepretan kalian akan terlihat seperti ada kabutnya. Maka dari itu penting sekali untuk selalu mengecek keadaan lensa kalian agar terhindar dari bahaya jamur. Perlu kalian ketahui bahwa apabila lensa kalian terkena jamur ringan maka akan terdapat titik titik kecil bakal jamur dengan ukuran yang cukup kecil dan cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mentimpan kamera di dalam dry box.

Selain itu dengan menyimpannya dalam dry box maka akan berfungsi untuk mematikan atau membatasi pertumbuhan jamur. Mungkin banyak dari kalian yang berpikir bahwa mencuci lensa merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi jamur pada lensa. Namun perlu kalian ketahui bahwa mencuci lensa berarti membongkar struktur lensa dan hal tersebtu akan meningkatkan resiko pergesar pada komponen lensa saat di bongkar.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Apabila sudah mencapai tahapan yang sangat parah ketika jamur sudah menyelimuti seluruh lapisan optic maka ketika di cuci dikhawatirkan bagian coating akan iktu terangkat atau terkelupas. Dimana apabila bagian coating ini terlepas maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut akan mengurangi performa dari lensa yang kalian miliki. Maka dari itu penting sekali bagi kalian untuk selalu megecek keadaan lensa kamera kalian agar terhindar dari jamur lensa dan melakukan pencegahan sejak awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *