Cara Mencegah Munculnya Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Fotografi memang sudah menjadi salah satu kegemaran bagi anak-anak masa kini, dimana kala waktu senggang atau tengah melakukan travelling, maka banyak diantaranya yang menyempatkan diri untuk membidik gambar yang kemudian di share ke akun media sosial yang mereka miliki, dengan kamera ponsel biasa atau jika ingin hasil gambar lebih berkualitas, maka banyak yang memanfaatkan kamera DSLR. Pastinya sudah tak begitu asing bagi Anda mengenai jenis kamera yang satu ini.

Cara Mencegah Munculnya Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Ini adalah salah satu model kamera yang dibekali dengan setting lengkap di dalamnya, sehingga dapat digunakan untuk mengambil gambar dalam beragam tampilan atau mode. Baik itu dalam kondisi yang cukup cahaya maupun kurang cahaya. Tinggal tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Produk kamera semacam ini tak hanya banyak digunakan oleh para profesional saja, melainkan juga dijadikan sebagai media belajar untuk yang masih pemula.

Namun juga patut untuk diketahui bahwa kamera DSLR ini paling rentan bermasalah pada bagian lensanya, faktanya perawatan lensa yang tidak benar bisa memicu terjadinya masalah, seperti diantaranya adalah munculnya jamur, dengan ditumbuhi jamur atau bercak-bercak putih di bagian lensa ini secara otomatis akan membuat kualitas gambar yang dihasilkan nantinya juga menurun. Berikut ini diantara tips mudah dalam merawat lensanya agar tidak ditumbuhi jamur, yaitu:

  1. Jaga kebersihannya setelah atau sebelum dipakai, pastikan untuk rajin-rajin dalam membersihkan lensa kamera tersebut dari debu atau air yang menempel, karena jamur sendiri terkadang tumbuh dibawa oleh hal-hal tersebut. Kondisikan juga lingkungan tempat menyimpan kamera selalu bersih.
  2. Simpan di dry box, penyimpanan ini sangat penting, apalagi ketika kamera tersebut sangat jarang digunakan, maka tak bisa asal ditaruh dalam lemari saja, belum tentu kondisi lemari tersebut bebas dari udara yang lembab. Kondisi udara lembab inilah yang sebenarnya memiliki resiko tinggi menyebabkan kamera menjadi berjamur di bagian lensanya. Untuk itu lebih aman menyimpan di dalam sebuah dry box atau kotak penyimpanan yang biasanya dilengkapi dengan pengawet khusus.
  3. Jangan lupa untuk menutup bagian lensa menggunakan caps lens ketika tidak digunakan, ini adalah alat bawaan ketika Anda membeli kamera baru di pasaran, berfungsi untuk melindungi lensa kamera dari benturan dan juga debu, harus dipasangkan ketika tidak dipakai.
  4. Pasang filter, adapun juga alat yang sangat membantu menjaga kondisi lensa agar tidak mudah rusak terkena sinar UV, yaitu filter yang banyak dijual di pasaran. Sehingga tetap aman ketika digunakan mengabadikan gambar di luar ruangan, apalagi dalam kondisi panas.

Baca juga Tips Memilih Antara Kamera Mirrorless dengan DSLR

Jika lensa kamera DSLR sudah ditumbuhi jamur sangat sulit lagi dibersihkan, jikapun bisa maka harus datang ke tempat khusus dan harganya sangat mahal hingga 700an ribu rupiah ke atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *