Cara Memperbaiki Kamera Laptop Yang Rusak

Kamera laptop —- Web cam, pada laptop adalah komponen yang cukup penting apalagi bagi Anda, yang senang melakukan video conference dengan kerabat, maupun keluarga. Tentunya sangat menganggu apabila web cam pada laptop Anda sedikit terkendala karena tidak bisa digunakan, untuk sementara waktu. Tapi Anda jangan langsung panik. Sedikit terkendala, bukan berarti rusak, mungkin ada beberapa program di dalamnya yang sedikit bermasalah, Anda pun bisa memperbaikinya sendiri dengan berbagaio tutorial yang bermanfaat di bawah ini.

Berikut tips cara memperbaiki kamera laptop yang rusak:

1.Periksa Device Manager

Jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa kamera laptop anda rusak. Periksalah terlebih dahulu driver anda untuk memastikan driver berjalan dengan baik atau tidak. Caranya sebagai berikut :

“Masuk ke device manager, lalu coba cari device dari webcam PC atau laptop anda dan pastikan sudah terinstall dengan baik. Jika ada sebuah tanda panah atau tanda seru maupun kejanggalan pada device webcam anda, cobalah untuk menginstal kembali driver webcamnya”

Untuk menginstal driver webcam diperlukan CD/DVD bawaan laptop. Tapi jika anda tidak memiliki drivernya, anda dapat membeli atau mendownload di situs resminya.

INGAT : Driver yang dibeli atau didownload harus sesuai dengan notebook dan OS yang digunakan. Jika tidak sesuai kemungkinan akan berakibat webcam tidak berfungsi dengan baik.

  1. Aktifkan Webcam

(Untuk Notebook, Laptop atau Netbook)

Webcam yang tidak berfungsi mungkin karena webcam belum diaktifkan pada laptop anda. Tekan tombol Fn+F3 untuk mengaktifkan webcam tersebut. Hal ini dikarenakan tidak semua laptop / netbook akan otomatis mengaktifkan webcam ketika restart maka dari itu anda diharuskan mengaktifkannya secara manual.

  1. Periksa kabel USB dari Webcam

(Untuk Komputer)

Untuk pengguna PC atau komputer yang menggunakan Webcam External, cobalah periksa apakah kabel USB sudah terpasang dengan baik atau belum. Ada baiknya anda coba webcam tersebut di komputer lain, jadi anda dapat mengetahui apakah webcamnya yang bermasalah atau komputernya yang bermasalah. Kalau perlu coba gunakan web camera tersebut di komputer lain sehingga anda tahu apa yang sebenarnya bermsalah. Apakah memang dari webcamnya sendiri atau dari komputernya yang bermasalah. Jika ditemukan penyebab masalahya, segera perbaiki.

4) Aktifkan Dengan Menekan Tombol Fn+F3

(Untuk Laptop, Notebook dan Netbook)

Untuk beberapa jenis laptop, kamera laptop tidak bisa langsung aktif sebelum anda mengaktifkannya secara manual. Untuk mengatifkannya, tekan tombol Fn+F3 secara bersamaan (Beberapa netbook memiliki tombol yang berbeda dengan yang lain, ada yang F4 ada yang F2, silahkan anda lihat sendiri gambar pada tombol).

Semoga tips memperbaiki kamera laptop yang tidak berfungsi di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan Terimakasih.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *