Cara Melakukan Perawatan Lensa Kamera Agar Memberikan Hasil Potretan yang Maksimal

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa memiliki kamera di jaman modern ini merupakan suatu hal yang bisa di katakan hal biasa. Karena dengan seiring nya jaman yang segalanya serba modern telah menjadikan para masyarakat mengikuti gaya hidup yang kekinian, dan tidak ingin merasa ketinggalan jaman. Sehingga salah satu hal yang menjadikan anak muda jaman sekarang hits yaitu dengan memiliki kamera. Namun memiliki kamera pun juga haruslah melakukan perawatan yang rutin, terlebih lagi pada bagian lensa kamera yang sangatlah memiliki peran penting dalam hal pengambilan gambar.

Jika Anda salah satu orang yang memiliki sebuah kamera, maka Anda pun dapat mencari tahu beberapa informasi yang dapat untuk Anda lakukan dalam hal melakukan perawatan kamera dengan cara yang benar dan tepat, terutama pada bagian lensa, karena pada bagian inilah hasil gambar agar terlihat, dengan menggunakan lensa yang maksimal, maka hasil gambar pun juga akan terlihat sempurna.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan dalam hal merawat lensa kamera agar mampu memberikan hasil gambar yang maksimal dan sempurna, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Jauhkan kamera dari jangkauan air atau dari tempat yang basah. Karena hal ini bisa menimbulkan kelembapan pada lensa Anda.
  2. Selalu bersihkan lensa dengan rutin dan berkala, pada saat membersihkan lensa, maka hindari penyemprotan cairan pembersih ke lensa langsung, akan tetapi Anda dapat menyemprotkan ke lap bersih dan lembut, kemudian barulah Anda membersihkan lensanya.
  3. Lensa memang tidak akan lepas dari kotoran dan debu, oleh sebab itulah selalu bawalah kain lap yang halus dan lembut yang di khususkan untuk mengelap lensa.
  4. Hindari melakukan sentuhan langsung pada lensa, karena sentuhan tangan pun dapat menimbulkan bekas yang mana apabila tidak segera dibersihkan maka dapat menimbulkan tumbuhnya jamur.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kamera memang memiliki harga yang cukuplah mahal, meskipun kamera memiliki beberapa jenis dan macam, maka Anda juga harus melakukan perawatan yang ekstra hati-hati, karena apabila Anda salah melakukan perawatan pun juga akan berdampak buruk pula pada gambar hasil jepretan Anda. oleh sebab itulah agar hasil gambar tetap memiliki kesan yang maksimal dan sempurna, maka lakukan perawatan pada lensa seperti yang ada di atas.

Penyakit yang sering diderita oleh lensa kamera adalah timbulnya jamur. Memang sudah hal yang wajar jika jamur muncul pada lensa, namun hal yang wajar semacam itu jangan Anda abaikan terlalu lama, karena dapat menurunkan pada kualitas gambar yang di hasilkan nantinya, karena seiring dengan pentingnya peran lensa yang ada di kamera, maka alangkah baiknya jika Anda selalu memperhatikan kebersihan pada lensa tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *