Cara Melakukan Perawatan Kamera dengan Cara yang Benar

Kamera memang merupakan barang istimewa yang memiliki harga cukuplah mahal. Namun dibalik harganya yang memang menjulang tinggi mampu menarik hati para masyarakat yang ingin mengikuti gaya hidup modern dan kekinian. Sehingga tidak jarang diantara para masyarakat yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli kamera. Namun dibalik harganya yang begitu sangatlah mahal, membutuhkan perawatan kamera dengan rutin serta dengan cara yang benar.

Melakukan perawatan yang tidak tepat pun juga akan membuat kerusakan pada kamera, sedangkan kerusakan pada kamera pun dapat menjadikan nilai jual pada kamera akan mengalami penurunan yang drastis, tidak hanya itu saja, jika ada salah satu komponen kamera yang mengalami kerusakan, maka hasil jepretan pada kamera pun juga tidak dapat menciptakan gambar yang sempurna dan maksimal. Oleh sebab itulah lakukan perawatan dengan cara yang benar dan sesuai dengan prosedur.

Beginilah cara melakukan perawatan kamera yang sesuai dengan prosedur:

  1. Hindarkan kamera dari air atau tempat yang basah, karena hal ini dapat merusak pada komponen yang ada di kamera.
  2. Selalu jagalah kebersihan pada lensa kamera.
  3. Gunakan tas yang khusus untuk kamera, hal ini untuk menghindarkan kamera dari benturan-benturan atau gesekan.
  4. Gunakan pelindung layar pada LCD kamera.
  5. Bersihkan pada body kamera secara berkala dengan menggunakan minyak kayu putih.
  6. Pasanglah filter untuk melindungi lensa kamera.
  7. Pasanglah lens hood pada kamera Anda.
  8. Selalu perhatikan pada perawatan baterai kamera Ada.
  9. Ketika mengambil gambar, maka selalu gunakan shoulder strap.
  10. Simpanlah kamera di dry box.

Ke 10 cara yang ada di atas merupakan cara umum yang dapat untuk Anda ketahui dan dapat untuk Anda praktekkan secara langsung. Seperti yang sudah Ada ketahui bahwa kamera memang rawan terhadap kerusakan, sedangkan kerusakan yang terjadi pun juga bervariasi, bisa di sebabkan gesekan, benturan, terjatuh atau karena melakukan perawatan dengan cara yang tidak benar. Oleh sebab itulah di balik harganya yang menjulang tinggi, sangatlah disayangkan jika harus rusak, maka untuk menghindari kerusakan pada kamera, lakukan perawatan secara berkala.

Jika Anda memang salah satu pemilik kamera namun masih awam dalam hal kamera, maka Anda dapat menggali berbagai informasi yang ada di internet. Dalam hal melakukan perawatan kamera pun bisa di katakan gampang-gampang susah, karena membutuhkan pengetahuan yang cukup agar perawatan yang di lakukan tidak asal dan sembarangan. Karena dengan melakukan perawatan yang salah, maka kerusakan akan Anda jumpai pada kamera Anda. oleh sebab itulah bagi Anda pemilik kamera jangan pernah merasa lelah untuk memanjakan kamera Anda dengan melakukan perawatan yang secara berkala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *