Cara Gunakan Tripod Kamera yang Benar

Tripod merupakan salah satu aksesoris yang dibutuhkan sebuah kamera. Tripod memiliki fungsi untuk meletakkan kamera sehingga pengambilan gambar bisa lebih mudah. Tripod merupakan aksesoris kamera yang memiliki tiga kaki sehingga bisa menyangga kamera lebih baik. Jika Anda ingin berfoto bersama banyak teman, mungkin tripod ini sangat Anda butuhkan. Penggunaan tripod kamera ini sebenarnya cukup mudah. Tapi sayangnya masih saja ada beberapa orang yang salah dalam menggunakannya. Akibatnya tentu saja bisa merusak tripod itu sendiri atau bisa juga merusak kamera. Bagaimanakah cara menggunakan tripod yang benar?

Persiapan

Pemasangan tripod yang benar tentu saja dimulai dari tahap persiapan. Cara yang mesti diperhatikan ketika persiapan menggunakan tripod adalah sebagai berikut:

  • Sebelum memasang lebih baik cek terlebih dahulu kamera Anda. Pastikan memilki port khusus untuk tripod. Jika memang tidak memiliki port tersebut, Anda bisa membeli adapter kamera khusus untuk tripod.
  • Atur posisi kaki tripod dengan baik. Pastikan semua kaki dalam keadaan yang stabil. Jika stabil tentu saja kamera yang diletakkan di tripod tidak akan mudah jatuh.
  • Jika memang tripod mengalami permasalahn atau kerusakan, sebaiknya jangan memaksa untuk menggunakannya.

Itulah tips persiapan yang harus Anda lakukan sebelum meletakkan kamera pada tripod tiga kaki ini.

Pemasangan

Untuk pemasangannya, pertama sebaiknya Anda singkirkan terlebih dahulu piringan yang ada pada tripod. Setelah disingkirkan, pasang kamera secara perlahan. Pastikan kamera sudah terpasang terlebih dahulu dan selanjutnya Anda bisa memasang kembali piringan yang sebelumnya dilepas. Apabila sudah terpasang dengan baik, coba gerakkan kamera. Jika masih sedikit bergoyang mungkin pemasanga belum terlalu pas. Sebaiknya benahi terlebih dahulu baru kemudian bisa Anda gunakan.

Melepas tripod kamera ini sebaiknya harus hati-hati. Jika tidak hati-hati bisa jadi tripod atau bahkan kamera Anda justru mengalami kerusakan. Selain itu sebaiknya Anda simpan tripod tersebut ke dalam tempat khususnya. Penyimpanan yang tidak benar juga bisa membuat kaki-kaki tripod menjadi cepat patah. Tentu sayang sekali bukan jika tripod yang masih bagus menjadi rusak hanya karena kesalahan dalam menggunakan? Simpan dan letakkan tripod tersebut ke tempat yang aman serta jauh dari guncangan.

Supaya lebih nyaman dalam menggunakan tripod, ada beberapa tips untuk Anda dalam memilih tripod untuk kamera yang benar. Antara lain:

  • Jika digunakan untuk kebutuhan yang biasa, pilih tripod yang beratnya cukup ringan. Sedangkan jika untuk pemotretan di alam yang terbuka, pilih tripod yang cukup berat. Sehingga kamera tidak mudah goyang apalagi jatuh.
  • Keseimbangan tripod juga mesti Anda perhatikan dengan serius. Tripod yang keseimbangannya buruk tentu saja bisa membahayakan kamera Anda bukan?
  • Pilih kunci kaki tripod yang memang benar-benar bagus. Karena kunci tripod bisa mempengaruhi keseimbangannya.
  • Jumlah kaki tripod juga menjadi pertimbangan khusus.
  • Carilah tripod yang mudah diatur ketinggiannya dan juga mudah untuk digunakan.

Itulah beberapa tips untuk memilih tripod khusus kamera yang benar sehingga tetap nyaman untuk Anda gunakan.

Karena menjadi salah satu aksesoris kamera yang paling dicari, tak heran jika sekarang ini untuk mencari tripod kamera cenderung lebih mudah. Bahkan saat ini ada beberapa merk tripod khusus kamera yang ada dijual. Memperhatikan merk tripod ternyata juga penting karena merk yang bagus biasanya juga memiliki kualitas yang hebat. Terakhir, tentu saja Anda tidak boleh melupakan sola budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *