Cara Dapatkan Bidikan Memukau Kala Malam dengan Kamera DSLR  

Menggunakan kamera DSLR terbilang susah-susah gampang karena masing-masing kamera memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dasar untuk mengambil gambar yang bagus dengan DSLR adalah ketahui cara setting aperture, ISO dan focal length. Ada banyak tantangan yang membuat tidak sedikit orang mencoba lagi dan lagi untuk mendapatkan gambar yang bagus misalnya saat mengambil gambar di malam hari yang kerap minim cahaya.

 Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Membawa Kamera DSLR Selama Travelling

Untuk mendapatkan hasil bidikan yang memukau, terdapat cara yang bisa membantu Anda. Pertama adalah atur kamera Anda dengan menggunakan format RAW kala memotret. Salah satu keunggulan format gambar ini adalah Anda bisa lebih mudah untuk melakukan editing di software editing gambar, misalnya mengedit white balance, contras brightness tanpa takut kualitas gambar yang menurun. Selain itu, pada format RAW, tonal warna lebih banyak dibandingkan dengan JPEG sehingga gambar akan lebih kaya warna walaupun di tempat yang minim cahaya. Sayangnya, jika Anda mengambil dengan format RAW, memori akan cepat habis sehingga gunakan memori yang besar untuk membidik gambar dengan format RAW.

 

Kedua adalah atur aperture kamera Anda. Sebelum gunakan kamera DSLR Anda, Anda bisa mencoba untuk mengambil contoh bidikan. Setelah itu, atur aperture kamera agar hasil baik. Atur diafragma kamera di dua jarak stop dari bukaan aperture kamera yang paling lebar untuk menghindari blur dan noise. Ketiga adalah atur white balance kamera. Karena Anda mengambil gambar di tempat yang minim cahaya walaupun banyak lampu, Anda bisa mengatur setting white balance di renang 3000-7000.

Baca Juga : Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Membawa Kamera DSLR Selama Travelling

Keempat adalah hindari untuk menaikkan level ISO yang Anda pergunakan. Walaupun ISO tinggi bisa digunakan untuk mengambil gambar di tempat yang sangat minim cahaya, namun, dengan menaikkan ISO dari DSLR tersebut artinya Anda juga akan menaikkan noise sehingga bisa mengurangi ketajaman dari objek gambar yang Anda ambil. Karena hal tersebut, gunakan ISO yang terendah yang dimiliki DSLR camera milik Anda.

 

Cara yang lainnya untuk mendapatkan hasil bidikan yang memukau kala Anda menjepret dengan kamera DSLR di malam hari yaitu:

 

  • Menggunakan focal length yang pendek dan lensa zoom yang pendek. Hal ini dikarenakan dengan focal length yang panjang maka beresiko mendapatkan hasil yang blur yang disebabkan karena getaran yang dihasilkan saat membidik objek gambar. Sehingga dengan cara tersebut, gambar yang Anda ambil lebih tajam dan mengurangi blur.
  • Gunakan lensa wide angle untuk mengurangi efek flare yang timbul karena sumber cahaya tertentu misalnya karena lampu yang dekat dengan Anda. Dengan menggunakan lensa wide angle juga memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih lebar jangkauannya dan punya depth of field yang lebar.
  • Perhatikan komposisi gambar sehingga hasil bidikan lebih terlihat hidup dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *