Bingung dengan Cara Membuat Akun Gmail? Ini Cara Simpelnya!

gmail – BGR

Kamu masih ingat email pertamamu? Email merupakan penemuan paling penting dari era kemajuan internet ini. Bayangkan betapa berubahnya kondisi global saat ini jika tidak ada keberadaan internet. Semenjak kemunculan email dan internet pola ekonomi, komunikasi dunia berubah total. Apabila dulu semua dikerjakan secara inefisien dan memakan waktu. Sebuah surat bisa memerlukan waktu berminggu-minggu hanya untuk mencapai belahan dunia lain. Namun, semenjak adanya internet dan email, semua bisa dikerjakan dalam sekejap. Segala dokumen pentin yang riskan apabila dikirimkan menggunakan pos biasa kini keamanannya terjaga karena ada fitur internet yang memudahkan semua orang berkirim surat tanpa terkendala jarak via email. Apa lagi manfaat penting email? Email juga mengubah pola komunikasi kita, baik dalam artian positif maupun negatif sekalipun. Dulu, lewat kiriman surat biasa ada kesan romantik, karena ada pihak yang mengirim surat dan ada pihak yang menanti. Ini tercermin kalau kita mendengar lagu Dewa 19 yang berjudul “Kangen” tentang kerinduan seorang perempuan yang menanti surat dari kekasihnya. Sedikit banyak, kondisi inilah yang tergerus akibat tidak digunakan laginya surat. Semua pesan bisa langsung terkirim, akhirnya nuansa romantik itu hilang, kerinduan itu tidak terpupuk. Tapi, di sisi lain, dengan adanya teknologi email, semua pesan jadi bisa tersampaikan dengan jelas, semua kabar mampu diketahui dengan seluruhnya. Tidak ada lagi kabar yang mengawang-awang, semua tentunya berkat internet yang didukung oleh perkembangan email. Menariknya, email berbeda dengan surat untuk urusan konten. Apabila dalam sebuah surat yang dipos biasa umumnya hanya berisi pesan, kartu atau benda semacamnya, dalam email kita bisa mengirimkan lagu, video dan beragam konten-konten digital yang menarik. Inilah yang akhirnya membuat hampir semua pihak memilih pakai email ketimbang pakai surat pos konvensional yang biasa. Nah, ketika baru berkembang, tidak banyak penyedia jasa email. Belum ada Gmail yang kita gunakan sekarang sehingga cara membuat atau cara menghapus Gmail tidak terlalu didengungkan saat itu.

Yahoo Mail atau Ymail adalah yang digunakan sangat banyak pada masa itu. Ya, google belum berkembang saat itu sehingga Yahoo lah yang menguasai pangsa pasar email ataupun search engine yang digunakan banyak orang. Namun, kini Yahoo telah tergerus dan Gmail berhasil jadi pemenang, menyingkirkan banyak email lainnya. Mudahnya cara membuat akun Gmail menjadi kunci kesuksesan Google untuk menguasai pangsa pasar email ini. Dibandingkan dengan kompetitornya, cara membuat akun Gmail memang cenderung lebih praktis dan tidak serumit email-email lain. Makanya, tidak heran kalau ada orang yang bisa memiliki sampai 20 email hanya untuk urusan pekerjaannya. Di satu sisi, hal ini juga menjadi permasalahan karena memiliki terlalu banyak email berisiko pada kesalahan pengiriman email. Bisa saja pesan yang harusnya dikirmkan dengan email A, malah dikirmkan dengan email D. Tentu hal ini membahayakan kalau untuk konteks pekerjaan.

Langkah mudah membuat email Gmail via HP adalah sebagai berikut.

Untuk membuatnya, kita hanya perlu masuk ke menu setting pada gadget kita. Dari menu itu pilih akun, tentunya pilih tambah akun untuk akun baru. Lalu setelah melihat ikon google, klik, lalu pilih create new account. Isi semua aturan registrasi yang diminta, lanjutkan.

Pilih username untuk email Anda, lalu lanjutkan. Isilah password Anda, usahakan yang bisa Anda ingat sehingga ketika login bisa mudah dimasukkan. Setelah itu lanjutkan dan ketika bertemu bagian privacy and term klik setuju. Setelah itu email baru anda akan diproses dan jadilah email Gmail.

Nah, apabila bertemu dengan situasi terlalu banyak email di gadget, kita juga harus tahu cara menghapus email di Gmail supaya bisa mengurangi jumlah email yang tidak efisien.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *