Berbagai Teknik dalam Dunia Fotografi Profesional

Belakangan ini trend fotografi memang cukup popular di kalangan kaum muda. Berawal dari hobi traveling yang selalu memaksa untuk pengabadian moment hingga keinginan menjadi seorang yang melakukan fotografi profesional. Untuk menggapai hal ini tentu membutuhkan keterampilan-keterampilan tertentu agar karya fotografi dapat diakui keindahan serta nilai seninya. Hakikatnya dunia fotografi bukanlah dunia yang berasal dari dunia pendidikan. Fotografi lebih kepada praktik dalam keseharian. Anda dapat mempelajarinya secara otodidak tentu. Yang terpenting di sini adalah teknik-teknik fotografi untuk menghasilkan gambar yang diakui.

Berbagai Teknik dalam Dunia Fotografi Profesional

Apa saja teknik dasar fotografi?

Fotografi tidak mengenal faktor usia. Dari yang muda hingga tua, hingga bahkan anak-anak SD pun sudah banyak yang memakai kamera jenis SLR dan DSLR. Hal ini tentunya merupakan tuntutan zaman yang serba canggih. Jika Anda hendak belajar tentang fotografi, ada beberapa teknik yang harus kamu pelajari, yaitu.

  • Teknik memegang kamera. Mungkin kedengarannya sedikit lucu, namun tahukah Anda memegang kamera juga ada seninya. Tidak lucu kan jika memegang kamera saja tidak luwes, tentu bagaimana akan membidik gambar yang bagus. Nah, teknik ini pada dasarnya untuk menghindari getaran saat Anda memotret objek. Kamera yang goyang saat dipotret tentunya tidak akan bagus. Berikut tutorialnya:
    • Posisi tangan kanan memegang bagian kanan kamera, dengan telunjuk di posisi shutter
    • Posisi tangan kiri diposisikan untuk menopang berat kamera.
    • Posisi badan sesuaikan dengan objek yang dipotret, dan untuk menghasilkan gambar yang stabil, Anda bisa dengan posisi jongkok.
  • Teknik menekan shutter. Mungkin kedengarannya simple, namun sebenarnya cukup sulit terutama pada mode continuos shooting. Sebaiknya jangan memakai ujung telunjuk untuk menekannya, namun pakailah bagian dari jari telunjuk Anda.
  • Teknik menentukan fokus. Hal ini sangat penting mengingat kefokusan lensa akan berpengaruh pada gambar yang dihasilkan. Cara menentukan fokus adalah dengan menunjuk pada objek utama yang akan diambil gambarnya. Yang kedua letakkan pastikan objek yang Anda fokuskan diletakkan di tengah-tengah frame.

Teknik fotografi professional

Setelah mengetahui beberapa teknik dasar di atas, tentunya Anda ingin tahu bagaimana dan apa saja teknik fotografi profesional. Berikut teknik-teknik yang dapat Anda simak, antara lain:

 

  • Teknik HRD (High Dynamuc Range). Teknik fotografi profesional ini biasa dipakai untuk memproduksi gambar dengan jangkauan dinamis yang lebih besar dibandingkan dengan teknik fotografi standar.
  • Teknik fotografi high speed. Pada dasarnya teknik ini menangkap gambar dengan shutter yang sangat cepat. Teknik ini bisa menangkap gambar dari suatu kejadian yang berlangsung sangat cepat.
  • Teknik fotografi levitasi. Teknik ini membuat objek yang ditangkap tampak melayang, Teknik ini bisa dilakukan dengan manual maupun dengan proses editing.
  • Teknik fotografi siluet. Dengan teknik ini, gambar yang Anda dapatkan adalah gambar gelap yang memiliki background terang seperti pada peristiwa terbit atau terbenamnya matahari.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *