Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kamera Bekas

Tidak jauh berbeda seperti ketika Anda membeli kamera baru yang membutuhkan ketelitian pada saat membelinya, maka membeli kamera bekas pun juga sama. Mungkin bagi yang sudah memiliki wawasan luas mengenai kamera, hal ini tidak akan menjadi masalah, akan tetapi jika Anda merupakan orang awam dan tidak memiliki teman yang berprofesi sebagai fotografer, lebih baik ikuti tips berikut ini agar tidak tertipu dan menyesal setelah membeli kamera tersebut.

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kamera Bekas

Mencari informasi sebanyak mungkin

Jika Anda memutuskan untuk membeli kamera bekas DSLR maka tak perlu khawatir mengenai bagaimana cara mencari informasi mengenai kamera ini. Sebab, informasi mengenai kamera ini bisa Anda cari melalui google dengan membuka berbagai macam situs mengenai fotografi dan cara-cara lainnya seperti banyak bertanya di forum-forum fotografi atau mungkin sekalian membeli majalah mengenai fotografi. Anda harus memahami lebih jelas tentang apa saja yang menjadi kelemahan dan kelebihan kamera tersebut. Seperti yang kita tahu, beda serinya maka beda pula spesifikasinya. Anda juga harus tahu jenis kamera seperti apa yang sedang dibutuhkan. Jangan sampai Anda membeli kamera keluaran lama. Paling tidak kamera itu merupakan seri kamera yang baru keluar satu sampai dua tahu ke belakang.

Melakukan COD

COD dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan. Tentu saja, membeli kamera bekas sekelas DSLR tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Maka dari itu, COD merupakan cara terbaik agar Anda bisa melihat dan menyentuh secara langsung kamera tersebut.

Melakukan pengecekan bodi kamera bekas

Anda tahu mengapa melakukan pengecekan bodi kamera itu menjadi salah satu hal yang sangat penting? Sebab bodi kamera merupakan salah hal yang akan menyebabkan terjadinya kerusakan kamera bagian dalam. Ketika Anda hendak membeli kamera bekas DSLR maka memeriksa bodinya lebih dulu merupakan hal yang sangat dianjurkan. Paling tidak Anda bisa tahu apakah ada bagian retak atau tidak. Sekedar informasi, biasanya kamera yang sudah pernah jatuh memiliki potensi besar mengalami kerusakan internal diantaranya yaitu tombol yang mulai tidak berfungsi dengan baik, indikator pada monitor mengalami kerusakan dan lain-lain.

Selain memeriksa bodinya, Anda juga harus memeriksa flash internal dan slot untuk flash eksternal yang letaknya terdapat di bagian atas kamera. Apakah masih bisa menyala dengan baik atau tidak. Periksa juga bagian slot baterai dan memory cardnya, lalu pastikan kalau bagian tersebut berada dalam kondisi bersih dan juga normal. Bagian terakhir yang juga harus Anda periksa yaitu semua bagian yang mengandung karet. Tujuannya untuk memastikan apakah ada yang tersobek atau lepas.

Baca juga Rencana Beli Kamera Bekas? Pertimbangkan Hal Berikut Ini!

Lalu jangan lupa untuk melakukan tes untuk mengecek fungsi kamera yang meliputi tes piksel, Auto Focus, lensa, tombol, sensor dan juga shutter countnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *