Belum Bisa Melakukan Perawatan Kamera DSLR Dengan benar? Berikut Tata Caranya

Agar barang yang kalian miliki bisa bertahan alama alias awet, tentunya kalian harus melakukan perawatan dengan baik untuk barang kalian tersebut, tak terkecuali kamera DSLR. Perlu untukdiketahui, bahwa memiliki kamera DSLR berarti membuat kalian harus dengan dengan perawatannya. Yup, kamera ini juga memerlukan perawatan agar lensanya selalu bersih dari debu. Tak hanya itu perawatan kamera DSLR juga harus dilakukan agar menjaga si kamera tetap Panjang umur. Cara perawatan kamera DSLR yang benar dengan maksud agar si kamera bisa panjang umur dan tak mudah rusak meski dipakai dengan intensitas tinggi.

Belum Bisa Melakukan Perawatan Kamera DSLR Dengan benar? Berikut Tata Caranya

Perlu kalian ketahui juga, bahwa jamur bisa tumbuh di kamera DSLR lantaran tidak dilakukan perawatan secara rutin. Oleh sebab itu, kalau kalian punya kamera DSLR maka sebaiknya kalian merawatnya dengan benar dan rutin. Nah, dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan beberapa langkah mengenai bagaimana perawatan kamera DSLR yang tepat. Simak artikel ini!

  • Hindari kamera dari kontak langsung dengan air

Walaupun kamera yang kamu miliki berlabel waterproof, tetap usahakan untuk menjauhkan si kamera dari air. Harus diketahui, bahwa kamera DSLR terbilang sangat sensitif dengan air. Komponen internal kamera DSLR kalian akan berpotensi rusak jika ada air yang masuk ke dalam kamera DSLR kamu.

  • Selalu dijaga kebersihan lensa kamera

Jagalah kebersihan lensa kamera meski kameranya tidak dipakai sekalipun. Cara memberishkan kamera DSLRD yakni memakai cleaning kit namun kalian juga bisa memakai cairan pembersih yang khusus digunakan untuk membersihkan kamera. Namun, jangan menyemprotkan cairan pembersih it uke lensa, namun cukup semprotkan cairan ke lap, kemudian usapkan lap ini menyentuh seluruh bagian lensa kamera. Selain itu, jangan lupa untuk memasang cap ketika lensa tak dipakai. Karena cap ini akan melindungi lensa dari debu maupun sidik jari. Memang, perawatan kamera dan lensa membutuhkan cara yang detail.

  • Simpan kamera di dalam tas khusus

Kalau kalian akan membawa kamera untuk berfoto ria, pakailah tas khusus untuk si kemarea DSLR tersebut. tas ini dilengkapi bantalan di dalamnya yang akan menjaga kamera dari semua benturan yang ada. Apalagi, tas khusus kamera juga memiliki ruang-ruang tersendiri untuk menyimpan komponen lainnya, jadi akan membuat kamera lebih aman.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  • Berikan LCD kamera dengan pelindung layer

Perawatan kamera kurang lebih sama seperti perawatan smartphone, khususnya pada bagian LCD. Usahakan memasang screen guard pada LCD kamera agar LCD tidak tergores atau terkena sidik jari maupun debu.

Jadi, diatas tadi merupakan beberapa tips dalam upaya melakukan perawatan kamera untuk jenis DSLR. Jika kalian mengikuti langkah-langkah tersebut, kamera kalian pasti akan Panjang umur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *