Belajar Fotografi? Anda harus Pahami Fitur-Fitur Ini

Tentu saja setiap momen yang sempurna harus selalu diabadikan. Namun untuk menghasilkan gambar yang bagus dibutuhkan kemampuan mengambil gambar yang baik. Untuk bisa mengambil gambar yang baik, Anda harus meningkatkan kemampuan Anda di bidang fotografi. Ada banyak sumber yang bisa Anda pelajari. Namun tetap saja, Anda juga membutuhkan kamera profesional untuk bisa menghasilkan gambar yang maksimal. Lantas apa saja fitur-fitur kamera yang harus dimaksimalkan agar gambar yang dihasilkan bagus? Berikut ulasannya untuk Anda.

Belajar Fotografi? Anda harus Pahami Fitur-Fitur Ini

White Balance

Pengaturan yang satu ini dilakukan di awal proses foto. Fungsinya adalah memastikan kamera bisa menangkap warna seakurat mungkin. Biasanya cara ini dilakukan dengan mengarahkan kamera ke objek berwarna putih menggunakan manual focus yang kemudian lensa akan menyesuaikan dengan warna yang dipantulkan oleh objek. Tidak hanya menggunakan manual focus, Anda juga bisa mengatur melalui pengaturan otomatis atau biasa disebut auto.

Highlight Warning

Dunia fotografi saat ini sudah semakin berkembang. Orang-orang kini sudah mulai beralih ke kamera digital. Tetapi bukan berarti, foto yang akan dihasilkan nantinya tidak akan terbakar seperti kasus-kasus yang telah terjadi di kamera analog yang menggunakan film. Namun kamera DSLR memiliki satu fitur yang bisa mencegah foto tersebut terbakar atau biasa disebut dengan istilah Overexposure. Mencegah terjadinya penangkapan cahaya yang terlalu berlebihan, Anda bisa mengaktifkan fitur Highlight Warning. Melalui fitur tersebut, Anda akan diberikan ketika membidik objek mengenai objek yang overexposure, sehingga Anda tak perlu khawatir kalau nanti hasil fotonya akan berantakan. Tidak hanya menggunakan pengaturan tersebut, Anda juga bisa mengeceknya dengan melihat Histogram pada kamera.

ISO

Istilah ini sangat familiar terdengar dalam dunia fotografi, apalagi di kalangan fotografer handal atau pemula sekalipun. ISO merupakan penentu kepekaan sensor yang ada dalam kamera terhadap cahaya. Anda yang ingin mengambil gambar dengan pencahayaan minim, bisa menggunakan pengaturan ISO yang tinggi. Namun jika sebaliknya, Anda bisa menggunakan pengaturan ISO rendah.

Baca juga: Berbagai Teknik dalam Dunia Fotografi Profesional

Exposure

Exposure adalah istilah yang biasa digunakan untuk melihat seberapa banyak cahaya yang ada pada foto Anda. Apabila terlalu terang maka disebut overexposure. Apabila terlalu sedikit maka akan disebut underexposure.

Biasanya dalam kamera digital atau DSLR pengaturan semacam ini akan disediakan secara otomatis atau biasa disebut dengan Auto Exposure. Tetapi jika Anda ingin lebih lihai dalam mengatur hasil foto Anda, maka cobalah untuk mengotak-atik Exposure Compensation (Ex). Cobalah untuk menaikan Ev ke arah positif untuk hasil yang lebih terang. Turunkan ke arah negatif untuk mendapat hasil foto yang lebih gelap.

Exposure ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan aperture (lebar bukaan lensa) dan juga shutter speed (seberapa cepat lensa terbuka). Ketika Anda ingin mengambil gambar dalam keadaan gelap, maka shutter speed harus lebih lama agar bisa menangkap jejak cahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *